PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KINERJA GURU SMAN 8 SINJAI

Authors

  • Fitriani Fitriani Universitas Negeri Makassar
  • Masnawaty S Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Rijal Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29863

Keywords:

Pemahaman Kurikulum, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman kurikulum 2013 terhadap kinerja guru di SMA Negeri 8 Sinjai. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Negeri 8 Sinjai. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi menjadi sampel sebanyak 30 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh pemahaman kurikulum sebesar Y = 28,904 + 0,396 yang berarti setiap penambahan nilai pemahaman kurikulum maka nilai kinerja guru meningkat sebesar 0,396 satuan. Hasil uji t diperoleh bahwa pemahaman kurikulum berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.

References

Anggraeni, A. D. (2017). Pengaruh persepsi atas kemampuan manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi Terhadap kinerja guru. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 251—264.

Arikunto (2013) prosedur penelitian suatu pendekatan praktis jakarta :PT Rineka cipta

Ansyar Mohammad .2015 kurikulum hakikat fondasi desain pengembangan jakarta :kencana prenadamedia group

Ajat Rukajat (2018) pendekatan penilaian kuantitatif :quantitative research approach Yogyakarta:Deepublish

Depdiknas 2003 .undang undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional di unduh pada tanggal 19 februari 2017.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Grava Media.

Ebert, Edward S. Culyer, Ricard C. 2011. School, an Introduction to Education. Edisi Dua. Belmont: Wadsworth Cengage Learning

Faizal, F., Makhdalena, M., & Kartikowati, R. S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri Se-Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(2), 162—177.

FENDRAWATI, F. (2020). Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Di Sekolah Menengah Pertama Dan Mts Kecamatan Kayuagung (2013). Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Idi Abdullah (2014) pengembangan kurikulum teori & praktis jakarta :rajawali pers.

Nur, I., & Mannuhung, S. (2022). Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Guru Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pada UPT SMA Negeri 1 Luwu Utara. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 5(2), 98—108.

Rusman (2009). manajemen kurikulum .jakarta :Rajawali Pres

Sari, W. P. (2016). Pengaruh gaji dan motivasi terhadap kinerja guru pada SMA Swasta Bagan Sinembah, Rokan Hilir, Riau. Tingkap, 12(1), 65—81.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sugiyono (2012) . metode penelitian kuantitatif , kualitatif dan R&D Bandung :Alfabeta

Sugiyono (2014) .metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif ,kualitatif,dan K &D :Bandung:alfabeta

Sugiyono (2015) . metode penelitian kombinasi (Mix methods) .Bandung alfabeta

Siregar (2017) . metode penelitian kuantitatif jakarta :kencana.

Sugiyono (2021) metode penelitian kuantitatif ,kualitatif dan R&D :alfabeta

Sugiyono (2017).pendekatan kuantitatif ,kualitatif dan R&D Bandung:Alfabeta

Sugiyono (2021).metode penelitian kualitatif , kuantitatif dan R&D Bandung :alfabeta

Sudaryono (2014) .budaya dan perilaku oraganisasi jakarta : Lentera ilmu cendekia .

Sudaryono (2019).metode penelitian kuantitatif , kualitatif dan mix method depok:PT raja grafindo persada

Supardi (2013) kinerja guru jakarta :Rajawali Rers

Supardi (2014) kinerja guru jakarta: Rajawali Pers

Widyastomo .Herry (2014) .pengembangan kurikulum di era otonomi daerah jakarta PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Fitriani, F., S, M. ., & Rijal, A. . (2024). PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KINERJA GURU SMAN 8 SINJAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7761–7769. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29863