EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER ELEMENTER
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20987Keywords:
Efektivitas, E-Modul, Hasil Belajar, Keaktifan MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan e-Modul terhadap hasil belajar dan keaktifaan mahasiswa pada mata kuliah aljabar linier elementer. E-modul yang dimaksud dalam penelitian ini merupakan modul yang menarik dan dibuat secara digital yang mudah diakses dimanapun dan meningkatkan minat baca mahasiswa dengan tampilan yang bagus dan ditambahkan dengan soal dan quiz yang menyenangkan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil tes mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul yang digunakan dalam pembelajaran aljabar linier elementer dinyatakan efektif, ditinjau dari ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu sebesar 90% peserta didik tuntas dengan memperoleh nilai ? 70 dan hasil belajar menggunakan perhitungan N-Gain dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,8607 berada pada kategori “tinggi” serta keefektifan penggunaan e-modul didukung dengan uji t-paired test dengan nilai sig atau p-value yaitu 0,001 < 0,05. Sedangkan hasil observasi menunjukkan bahwa sebesar 71,67% dengan kategori sangat aktif, 25% dengan kategori aktif dan sebesar 3,33% dengan kategori cukup aktif.References
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Faridah, A., & Afridiani, W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui E-Modul Berbasis Android. 26(3), 476–482. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/39008
Gunawan, H. (2018). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. 261–266. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1830
Gunawan, R. (2022). Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar/Modul Pebelajaran (Perdana). CV. Feniks Muda Sejahtera. https://www.google.co.id/books/edition/MODUL_PELATIHAN_PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR/F2JlEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=modul+adalah&pg=PA5&printsec=frontcover
Ismail, A, A. (2015). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi. Deepublish.
Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Akademia Permata.
Majid, A. (2007). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166– 175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Lestari, Kurnia Eka dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rika Handayani, Oktovianus Mamoh, Zulkaidah Nur Ahzan, Fitriani Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.