PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

Authors

  • Novi Chandra Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Adika Cahya Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Nohan Universitas Negeri Surabaya
  • Andhega Wijaya Universitas Negeri Surabaya
  • Andri Supriyono SMAN 1 Gondang Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28678

Keywords:

Metode Pembelajaran, Problem Based Learning, Sepak Takraw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar peserta didik dalam pembelajaran sepak takraw dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh suatu model pembelajaran problem based learning  terhadap hasil keterampilan permainan sepak takraw. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kemampuan olahraga sepak takraw peserta diidk. Sampel yang digunakan adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw di SMAN 1 Gondang Tulungagung sebanyak 20 orang. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa setelah dilaksanakannya perlakuan terdapat peningkatan keterampilan belajar peserta didik yang ditunjukkan pada hasil tiap siklus yang cenderung naik. Nilai pada pre-test sebanyak 47,33, siklus pertama sebanyak 60,00 dan siklus kedua sebanyak 82,00. Dengan demikian hasil yang ditunjukkan setelah diberikannya perlakuan menggunakan metode pembelajaran problem based learning  adalah terdapat peningkatan keterampilan kemampuan berolahraga sepak takraw.

References

Anggraini, D. (2016). Hubungan Koordinasi Mata dan Kaki Dengan Kemampuan Passing Pada Permainan Sepak Takraw Siswa SMPN 1 Teluk Kuantan. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–11.

Kirk, D., Macdonald, D., & O'Sullivan, M. (2013). The Handbook of Physical Education. Sage. ,vol. 15(2), pp. 136-148. DOI: https://doi.org/10.1093/deafed/enp033.

Nusufi, M. (2014). Korelasi Antara Koordinasi Mata-Kaki dengan Kemampuan Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw Atlet Klub Dondong Merah Tahun 2014. Jurnal Handayani, 6(2), 1–8.

Saripin, & Agust, K. (2017). Hubungan Koordinasi Mata dan Kaki Dengan Keterampilan Sepak Sila Permainan Sepak Takraw Pada Ekstrakurikuler Siswa SMAN 2 Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–10.

Setiawan, D., Yunitaningrum, W., & Atiq, A. (2014). Pengaruh Media Bola Plastik Terhadap Teknik Dasar Sepak Sila di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1–11.

Sukmana, A. A., & Allsabah, M. A. H. (2018). Fenomena Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Sepaktakraw di Kabupaten Blitar. Journal Sport Area, 3(1), 94–101.

Wardani, IG.A.K. (2007). Langkah-langkah Pelaksanaan PTK (Modul 2). Dalam Buku Materi Pokok Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2024-05-24

How to Cite

Dewi, N. C. ., Putra, A. C. ., Nohan, A. ., Wijaya , A. ., & Supriyono, A. . (2024). PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6193–6197. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28678