PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS II B SD MUHAMMADIYAH 22 SRUNI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Tri Wismaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yunus Aris Wibowo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Widyaningrum Yudi. R Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28531

Keywords:

Berfikir Kritis, Problem Based Learning, Matematika.

Abstract

Pendidikan saat ini perlu untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. PBL ialah model pembelajaran yang dapat melatih peserta didik untuk menuntaskan masalah-masalah melalui pengetahuan yang telah dimiliki. Problem Based Learning atau PBL merupakan pendekatan dalam proses belajar mengajar dengan memakai suatu permasalahan yang nyata terjadi dalam kehidupan sebagai sebuah konteks untuk siswa menggali ilmu mengenai cara berpikir secara kritis. Penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada muatan matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. Subjek penelitiaan melibatkan 22 siswa kelas II (Dua). Pada siklus I, sebelum menerapkan pembelajaran berbasis masalah (PBL), memperlihatkan kemampuan berpikir kritis dengan ketuntasan klasikal 56% dengan rata-rata yang diperoleh 67.2. Sedangkan pada siklus II, nilai ketuntasan klasikal 88% dengan rata-rata diperoleh 77.3. Model pembelajaran berbasis masalah (PBL) secara keseluruhan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

References

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem-based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar A Metaanalysis of Problem-based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18

Hagi, A. N ., Koeswanti, D. H., & Radia H. E. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning pada Muatan Matematika Kelas V SDN Salatiga 01. Jurnal Basicedu, 3(1), 54.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217– 230.

Hamdayama, J. (2014). “Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter”. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. 1(1). 45–53

Rusmono. (2014). “Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu”. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tilaar, H., Paat, J. P., & Paat, L. (2011). “Pedagogik Kritis: Perkembangan, Substansi, dan Perkembangannya di Indonesia”. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Wismaningsih, T. ., Wibowo, Y. A. ., & R, W. Y. . (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS II B SD MUHAMMADIYAH 22 SRUNI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6099–6104. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28531