PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IA SD MUHAMMADIYAH 22 SRUNI

Authors

  • Niken Ayu Safitri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yunus Aris Wibowo SD Muhammadiyah 22 Sruni
  • Widyaningrum Yudi Rahayu Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28117

Keywords:

Prestasi Belajar, Tanggung Jawab, Problem Based Learning.

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa dan mengganggap bahwa matematika adalah pembelajaran yang sulit serta belum maksimalnya kesadaran tanggung jawab siswa pada siswa kelas IA SD Muhammadiyah 22 Sruni. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar dan karakter tanggung jawab sisswa dengan tepat. Tujuan penelitian ini untk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan tanggung jawab siswa melalui model problem based learning pada mata pelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar pengamatan tanggung jawab siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan model problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab. Prestasi belajar mengalami peningkatan dari 44,4% menjadi 83,3%, sedangkan tanggung jawab semula pada siklus I hanya 4 siswa yang mempunyai tanggung jawab sangat baik. Hal tersebut mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 6 siswa yang mempunyai tanggung jawab sangat baik.

References

Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal For Gender Studies, 12(1), 108–139. Https://Doi.Org/10.24239/Msw.V12i1.591

Ani Widayati, 2018. (2008). Penellitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. Vi No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian, Vi(1), 87–93.

Hasan, S. H. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Materi Disajikan Sebagai Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kemendiknas.

Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sd Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). Https://Doi.Org/10.24176/Jkg.V2i1.562

Ws. Winkel. (1996). Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi. Gramedia.

Downloads

Published

2024-05-10

How to Cite

Safitri, N. A. ., Wibowo, Y. A. ., & Rahayu, W. Y. . (2024). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IA SD MUHAMMADIYAH 22 SRUNI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5463–5468. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28117