PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMP NEGERI 1 RONGGURNIHUTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27767Keywords:
Kompetensi Profesional, Pengalaman Mengajar, Pembelajaran DiferensiasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru dan pengalaman mengajar terhadap kemampuan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di SMP N 1 Ronggurnihuta tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh guru SMP N 1 Ronggurnihuta yang berjumlah 21 orang yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Analisis Regresi Berganda, Hipotesis Parsial, Pengujian (uji t), Hipotesis Simultan, Pengujian (Uji F), dan Koefisien determinasi (uji R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional (X1) dan pengalaman mengajar (X2) mempunyai pengaruh secara parsial terhadap kemampuan Belajar Diferensiasi (Y) dengan nilai t hitung > nilai t tabel variabel (X1) (8,390 > 1,721) dan untuk variabel (X2) (9,076 > 1,721). Selanjutnya pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan terdapat pengaruh antara kompetensi profesional dan pengalaman mengajar terhadap kemampuan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini terlihat dari Fhitung > Ftabel (792,795 > 3,15). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional dan pengalaman mengajar terhadap pelaksanaan pembelajaran yang berdiferensiasi.References
Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gara Belajar Siswa Untiuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 1913-1922.
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Impelemntasi Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Basicedu, 11-21.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Impelemtasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana). JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 9-19.
Fitriyani, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pedagogik Kreatif Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Retrieved from repostory.upi.edu.
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022, Desember). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 636-646.
Hasan, S. (2018). Profesi dan Profesionalisme Guru. (A. Haerullah, & M. Yusuf, Eds.) Ponorogo, Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Hastowo, A. T., & Abduh, M. (2021, Januari). Analisis Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pembelajaran Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 252-263.
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 19-36.
Kusuma, O. D., & Luthfah, S. (2020). Paket Modul 2 Praktik Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .
Latifa, E. R. (2020). Pengaruh Pengalaman Mengajar Guru terhadap Efektifitas Mengajar Guru Rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kecamatan Tampan Pekanbaru. Pekanbaru: UIN Suska Riau.
Mahmudah, N. L. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kinerja Guru MTs N Karangawen Demak. Semarang.
Mirzachaerulsyah, E. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi pada SMA Negeri di Pontianak). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 1-6.
Marliana. (2021). panduan Pelaksanaab Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Selkolah Inklusif. Padang: Cv. Afifa Utama.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Sekolah Inklusif. (A. Santika, Ed.) Padang, Sumatera Barat.
Pratiwi, E. S. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dan Manager Dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Di Sekolah Menengah Pertama Al-Furqan Jember . Jember: IAIN Jember.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, AM, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2012). Prinsip Pengembangan Pembelajarann Berdiferensiasi (Differentiated Instruction. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Rival, M. (2021). Kompetensi Guru Sebagai Profesional. Seri Publikasi Pembelajaran, 1-5.
Sabandi , A. (2013). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1-9.
Sari Purba, Y. M. (2021). Implementasi Program Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidikan PAUD. Retrievedfromrepostory.upi.edu:https://repository.upi.edu/65726/7/S_KTP_1604160_Title.pdf
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 492-498.
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi. Harmony : Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 66-75.
Sopandi, A. (2019, April Tuesday). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Scientific journal of Reflection : Economic, Accounting, Management and Business, 121 - 130.
Suryani, N. (2021, Februari). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 65-70.
Yulianto, T. (2019). Kontribusi Pengalaman Mengajar, Kompetensi Guru dan Motivasi Bekerja Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Wiyata Dharma : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 95-106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Putri Melani Sinaga, Sanggam Pardede, Dearlina Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.