UPAYA GURU PPKN DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI SISWA PASCA COVID – 19 DI SMA NEGERI 1 PANCUR BATU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27670Keywords:
Upaya Guru, PPKn, Sikap Toleransi, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui bagaimana peran seorang guru PPKn dalam menanamkan sikap toleransi beragama siswa pasca covid – 19 di SMA Negeri 1 Pancur Batu, untuk mengetahui menjelaskan dan mendeskripsikan apa saja yang menjadi tantangan guru PPKn dalam menanamkan sikap toleransi siswa pasca covid – 19 di SMA Negeri 1 Pancur Batu, untuk mengetahui seperti apa upaya guru PPKn dalam menanamkan sikap toleransi pasca covid – 19. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif, yang mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Pancur Batu. Hasil Penelitian ini ialah : (1) Peran guru PPKn SMA Negeri 1 Pancur Batu dalam menanamkan sikap toleransi beragama pasca covid – 19, dengan menanamkan sikap toleransi beragama dengan menerapkan setiap pembelajaran yang dilakukan didalam kelas harus diawali dengan berdoa yang dimana setiap siswa akam mendapatkan giliran untuk maju kedepan membawa doa sesuai dengan ajaran agama masing – masing. Dengan begitu siswa – siswi dapat lebih bisa untuk mengahragahi agama teman – temannya sehingga sikap toleransi beragama sudah tertanam kepada diri siswa. (2) Tantangan guru PPKn dalam menanamkan sikap toleransi siswa di SMA Negeri 1 Pancur Batu, Kurangnya kesadaran diri siswa untuk menghargahi sebuah perbedaan latar belakang yang ia temui dilingkungan sekolah dan kurangnya kerjasama antar guru PPkn dengan sesama guru untuk selalu memberikan arahan kepada siswa dikelas terhadap pentingnya sikap toleransi kita antar sesama. (3) Upaya guru PPKn untuk ikut terlibat dalam menanamkan sikap toleransi pasca covid – 19, dengan selalu mendukung setiap kegiatan- kegiatan keagamaan yang dilakukan dilingkungan sekolah.References
Albab, U., Fikri. (2021). Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Li dengan Penilaian Kinerja Siswa Terhadap Kemampuaan Penalaran Matematis Siswa dan Sikap Siswa. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan, Vol 2, Nomor 1, https://www.jurnal.unisa.ac.id/index.php/jfkip/article/view/51/46, diunduh 15 November 2023)
Hidayat, Rahmat & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan: Konsep Teori dan Aplikasinya. Medan : Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia
https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-siswa-menurut-para ahli/#google_vignette, diaskes tanggal 02 Februari 2024 Pukul 20.37 WIB
Juri, Arifin. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung : Pustaka Reka Cipta.
Kurniawan, B. W., Rina. (2021). Upaya Guru PAI Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Penusupan Tahun Pelajaran 2020 / 2021 Pada Masa Pandemi Covid – 19. http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/326/1/1.%20COVER.pdf
Lasae, D., & , Laoli, J. (2022). Analisis Hubungan Sikap Pribadi dan Harmonisasi Kerja Pada Kantor Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa Kota Gunugsitoli. Jurnal Ilmiah Simantek, (Online), Vol 6, Nomor 4,(https://scholar.google.com/scholar?q=menurut+damiati+dkk+2017&oq=Menurut+Dami#d=gs_qabs&t=1703913518014&u=%23p%3DTGse_8sLy5YJ, diunduh 15 November 2023)
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang Metode – metode Baru). Jakarta : UIP.
Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006). hlm. 4
Mokodenseho, Sabil. (2017). Toleransi Beragama dan Pembelajaran Agama Islam Harmoni Masyrakat Minoritas Muslim Manado. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/proceeding/article/view/131/125, diunduh 18 Noember 2023
Noriadi, Hulu. (2023). Upaya Guru PPKn Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di SMA Swasta Kampus Telukdalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruaan, (Online), Vol 2, Nomor 1, (https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Upaya+guru+PPKn+dalam+menanamkan+sikap+toleransi, diunduh 10 November 2023)
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kulitatif. Bandung: CV. ALFABETA.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitataif, Kualitatif dan R & D. Cetakan ke – 11. Afabeta : Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta : Bandung
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta : Bandung
Susanti, Susi. (2018). Upaya Kepala Madrasah Dalam Mendisplinkan Guru Mts Al – Qasimiyah Sorek 1 Kecamatan Kuras Kabupaten Pelalawan. Repository Universitas Islam Riau. https://repository.uir.ac.id/3463/
Undang – undang Dasar 1945 29 ayat 2 “Negara menjamin kemerdekaan tiap – tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing – masing dan untuk beribadat menurut agam dan kepercayaanya itu”.
Undang – undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentamg Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar mengajar agar peserta didik dapat mampu secara aktif mengembangkan kemampuan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual ke agamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang bdiperlukan dirinya, masyrakat,bangsa dan negara. (https://lib.unes.ac.id)
Undang– undang Nomor 14 Tahun 2005, guru adalah tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikanmenengah.(https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU%2014-2005%20Guru%20dan%20Dosen.pdf).
Widoyoko, P., Eko. (2012). Teknik Penyususn Instrumen Penelitian. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Widoyoko+Eko+putra+teknik+penyusunan+instrumen+penelitian+&btnG=#d=gs_qabs&t=1703920811773&u=%23p%3Dr-dXOTBKZW0J, diunduh 28 November 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Samuel Brahmana, Hotmaida Simanjuntak, Kondios M.D. Pasaribu, Lukman Pardede, Monalisa Martha Siahaan, Juliper Nainggolan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




