ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL ‘INGKAR KARYA BOY CANDRA’ DI SMP SWASTA CENDERAMATA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25908Keywords:
Novel, Nilai Pendidikan, Siswa SMP CenderamataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel ‘Ingkar’ karya Boy Candra untuk memberikan pembelajaran tentang nilai-nilai pendidikan kehidupan di dalam dan di sekitar masyarakat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa novel berkontribusi terhadap pendidikan karakter dengan menggambarkan nilai-nilai seperti kejujuran, empati, tanggung jawab, toleransi, kemandirian, rasa ingin tahu, dan keramahan/komunikatif. Relevansi novel dalam pengajaran nilai-nilai pendidikan dalam konteks pendidikan sekolah menengah pertama cukup besar karena mencerminkan realitas kehidupan siswa dan menjadikan pembelajaran nilai-nilai pendidikan lebih relevan dan mudah dipahami.References
Anwar, Z. (2017). Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 97-102.
Astuti, R. (2018). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel “Laskar Pelangi” Karya Andrea Hirata. Jurnal Ilmu Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 89-98.
Depdiknas. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Fatimah, S. (2011). Pendidikan Nilai dalam Novel. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 50-60.
Fitriyani, N. (2015). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel “Cinta Dalam Sepotong Roti” Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Pendidikan, 9(2), 75-82.
Handayani, L. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel “Langit Petang” Karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 63-70.
Hidayah, N. (2019). Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel 5cm Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 156-162.
Kartini, R. (2013). Pendidikan Nilai dalam Konteks Sosial. Jakarta: RajaGrafindo Persada Kurniawan, A. (2016). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel “Ayat-Ayat Cinta” Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 90-98.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya. Nasution, M. (2019). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel “Jejak Langkah” Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 43-51.
Rianti, E. (2020). Nilai Pendidikan dalam Novel Cinta di Dalam Gelas Karya Tere Liye. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 67-73.
Sari, R. P. (2018). Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 123-130.
Supriyadi, M. (2015). Nilai Pendidikan Dalam Novel: Analisis Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Helvy Tiana Rosa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 3(2), 1-8.
Zitnie, Amalia, Putri., Agus, Darmuki & Joko, Setiyono. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Ingkar Karya Boy Candra Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Educatio, 7(3), 731-736.
Yarsama, K. (2015). Analisis Hermeneutik Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Pewayangan “Sumpah Ramaparasu”. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4628
Agustini, D. A. E., Tantra, D. K., & Wedhanti, N. K. (2015). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(2-3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4864
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Depitaria Br Barus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.