PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 67 JAKARTA

Authors

  • Lambok Simamora Universitas Indraprasta PGRI
  • Ul’fah Hernaeny Universitas Indraprasta PGRI
  • Vanny Fadilla Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24937

Keywords:

Kecerdasan Emosional; Self Regulated Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei korelasional analisis regresi sederhana. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 67 Jakarta. Adapun populasi terjangkau      dalam penelitian ini hanya siswa kelas VII di SMP Negeri 67 Jakarta. Adapun sampel penelitian berjumlah 54 siswa sebagai responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional, angket self regulated learning, dan soal essai kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik perhitungan dari penelitian, diperoleh nilai R=0,4803; KD=23,07%; Y=8,1361+0,35X_1+0,4459X_2; F_hitung=7,65; F_tabel=3,17. Secara keseluruhan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan secara bersama-sama kecerdasan emosional dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

References

Azhary, D. A., Suhendar, S., & Nuranti, G. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa:(The influence of Self-regulated learning based digilat literacy to emotional intelegence). BIODIK, 7(2), 1–10.

Hartono, J. A., & Karnasih, I. (2017). Pentingnya pemodelan matematis dalam pembelajaran matematika.

Kamsari, K., & Winarso, W. (2018). Implikasi Tingkat Kecerdasan Logika Matematika Siswa terhadap Pemecahan Masalah Matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 6(1), 44–52.

Maharani, A. (2017). Mengenal Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 63–70.

Marlina, T. (2022). Urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1), 67–72.

Nabiila, A., Suharsono, S., & Mustofa, R. F. (2020). Korelasi antara kecerdasan emosional dengan self regulated learning di SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(1), 11–17.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18.

Rizki, P. N. M., Handoko, I., Purnama, P., & Rustam, D. (2022). Promoting self-regulated learning for students in underdeveloped areas: The case of Indonesia Nationwide Online-Learning Program. Sustainability, 14(7), 4075.

Saraswati, P. (2020). KONTRIBUSI SELF-REGULATED LEARNING DAN KECERDASAN EMOSI DALAM KONSENTRASI BELAJAR. Jurnal Psikologi Perseptual, 1, 102–120. https://doi.org/10.24176/perseptual.v1i2.1640

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. CV.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Simamora, L. ., Hernaeny, U. ., & Fadilla, V. . (2024). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 67 JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1024–1031. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24937