PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Authors

  • Lambok Simamora Universitas Indraprasta PGRI
  • Ul’fah Hernaeny Universitas Indraprasta PGRI
  • Destia Dwi Lucyta Dewi Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31608

Keywords:

Motivasi; Kemandirian Belajar; Pemahaman Konsep Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika. (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika. (3) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey korelasional. Sampel diperoleh dari kelas X SMK HS Agung dan SMK Dewantara tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 81 siswa. Dianalisis dengan menggunakan analisis regrensi linear berganda. Hasil Pengujian hipotesis diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini dibuktikan dengan dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan F hit = 55,55. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini dibuktikan dengan dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan t hit = 11,43. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini dibuktikan dengan dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan t hit = 11,85.

References

Aningsih, A., & Asih, T. S. N. (2017). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari rasa ingin tahu siswa pada model concept attainment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 217–224.

Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction berbantuan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61–74.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Hadiputri, F. P. (2019). HUBUNGAN SELF-REGULATION (KEMANDIRIAN BELAJAR) DENGAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI JAKARTA PUSAT. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37–44.

Hilaliyah, H., & Annisa, F. N. (2022). Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 125–133.

Huda, M., & Pd, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kaelan, MS (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma, 2(3).

Jewarut, S., & Nidriawati, D. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 16(1), 124–131.

Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144.

Nurhaliza, S., & Sumantri, M. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Kalibata 01 Jakarta Selatan. Dinamika Matematika Sekolah Dasar, 1(1), 1–15.

Putri, N. R., Nursyahban, E. A., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematik siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 157–170.

Regina, U. C., Toriana, T., Anitra, R., & Setyowati, R. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Di Kelas V. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).

Solihah, A., Aditya, D. Y., & Kamali, A. S. (2022). Pengaruh gaya dan kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Berajah Journal, 2(2), 231–240.

Winata, R., Friantini, R. N., & Sukirno, S. (2021). E-Learning: Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pembelajaran dengan Google Classroom. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 148–157.

Yudha, F. (2019). Peran pendidikan matematika dalam meningkatkan sumber daya manusia guna membangun masyarakat islam modern. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 87–94.

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

Simamora, L. ., Hernaeny, U. ., & Dewi, D. D. L. . (2024). PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10181–10188. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31608