PENGARUH MEDIA APLIKASI DORA (DONGENG NUSANTARA) PADA PEMBELAJARAN MENYIMAK DONGENG DI ERA DIGITAL UNTUK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Elsa Tri Indah Pramesti Universitas Pasundan
  • Arifin Ahmad Universitas Pasundan
  • Devi Agustina Nur’aini Universitas Pasundan
  • Litasari Nurulita Universitas Pasundan
  • Kharisma Rahayu Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24508

Keywords:

Media pembelajaran, Menyimak, Aplikasi Dongeng Nusantara

Abstract

Salah satu terobosan baru dalam pembelajaran menyimak dongeng adalah penggunaan media audio visual melalui aplikasi android yaitu Aplikasi DORA atau dongeng nusantara, adalah salah satunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan aplikasi DORA (dongeng nusantara) mempengaruhi kemampuan menyimak siswa. Selain itu, penelitian ini juga menentukan apakah ada perbedaan dalam kemampuan menyimak siswa sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi DORA (dongeng nusantara). Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol tidak setara yang dilakukan di SD Mathla'ul Khoeriyah Kota Bandung. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas 3, terdiri dari 15 siswa kelas A yang berfungsi sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa kelas B yang berfungsi sebagai kelas kontrol. Hasil belajar post-test lebih baik daripada pre-test, yang menunjukkan hal ini. Untuk hasil pre-test, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol, dan untuk hasil post-test, nilai rata-rata kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik daripada nilai rata-rata kelas kontrol. Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa media aplikasi DORA (Dongeng Nusantara) dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa untuk mendengarkan dongeng. 

References

Anditasari, R. 2016. Dongeng Nusantara Sebagai Wahana Mematangkan Emosi Anak Dalam Bercerita. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 3(2). https://journal.unesa.ac.id/indexphp/paramasastr a/article/view/ 1529.

Ardini, Pupung Puspa. 2012. “Pengaruh Dongeng Dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak 1(1). https://journal.uny.ac.id/i ndex.php/jpa/article/view/2905

Darmawati, S. Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Diskusi Kelompok Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(1).

Fitroh, S., & Sari, E. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-Paud Turnojoyo, 2(2), 95–105. https://doi.org/https://doi. org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2606

Husniyah, A. M. (2022). Media Aplikasi DORA (Dongeng Nusantara) pada Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 316-325.

Kurniati, A., Oktaviani, U. D., & Aristo, T. J. V. (2022). Digitalisasi Dongeng Nusantara sebagai Alternatif Media Pembelajaran Era Digital di Tingkat Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 173-181.

Mahardika, M. P. Pengaruh Penggunaan Media Audiobook Cerita Rakyat terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 196 Gresik.

Nuraini, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Di Era Digital. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 78–84. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10867

Solehan T.W. (2007). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Pramesti, E. T. I., Ahmad , A. ., Nur’aini, D. A. ., Nurulita, L. ., & Rahayu, K. . (2024). PENGARUH MEDIA APLIKASI DORA (DONGENG NUSANTARA) PADA PEMBELAJARAN MENYIMAK DONGENG DI ERA DIGITAL UNTUK SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 708–713. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24508

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.