PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO BERBANTUAN APLIKASI CAPCUT PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 106184 SEKIP TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024

Authors

  • Fadhila Putri Arhama Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sutikno Sutikno Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30307

Keywords:

Media Pembelajaran Vidio, Aplikasi CapCut, Motivasi Belajar

Abstract

Media audiovisual memiliki suara dan gambar. Ini adalah keuntungan menggunakan media sinematisasi untuk mengapresiasi karya sastra. Siswa diminta untuk menyampaikan apresiasi mereka atas film atau sinematisasi setelah mereka menontonnya. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan diatas dan agar pelaksanaan penelitian lebih terarah sesuai dengan tujuan yang diinginkan, maka permasalahan-permasalahan yang telah diidentifikasi harus dirumuskan sebagai berikut adalah Bagaimanakah keefektifan, kevalidan dan kepraktisan media vidio pembelajaran berbantuan aplikasi CapCut dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu model ADDIE. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran digital berbantuan CapCut pada tema Kekayaan Budaya Indonesia dan Motivasi Belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 106184 Sekip. Berdasarkan pembahasan hasil evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran video berbantuan aplikasi CapCut, Validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media ini mencapai presentase kelayakan sebesar 92,31%, dengan kriteria "Sangat Layak." Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa media ini mencapai presentase kelayakan sebesar 104,47%, juga dengan kriteria "Sangat Layak." Berdasarkan Keefektifan bahwa Rata-rata nilai per responden setelah penggunaan media naik menjadi 80,93. Berdasarkan Kepraktisan hasil evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran video berbantuan aplikasi CapCut, Validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media ini mencapai presentase kelayakan sebesar 92,31%, dengan kriteria "Sangat Layak." Berdasarkan hasil kesimpulan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video berbantuan aplikasi CapCut efektif, dan praktis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 106184 Sekip, Kota Medan.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Arhama , F. P., & Sutikno, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO BERBANTUAN APLIKASI CAPCUT PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 106184 SEKIP TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8412–8421. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30307