ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24010Keywords:
Pembelajaran Daring, Efektivitas, Pandemi COVID-19, Teknologi Pendidikan, Keterampilan TeknologiAbstract
Pandemi COVID-19 telah memicu transformasi mendalam dalam dunia pendidikan, mengarah pada peningkatan signifikan dalam implementasi pembelajaran dalam jaringan (DARING). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran DARING selama masa pandemi, dengan fokus pada berbagai faktor yang mempengaruhi proses ini. Melalui pendekatan studi campuran yang melibatkan survei, wawancara, dan analisis literatur, penelitian ini menyajikan gambaran holistik tentang pengalaman peserta didik dan pendidik dalam menghadapi pembelajaran online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum, pembelajaran DARING dianggap efektif, namun, tantangan dan hambatan yang terkait dengan teknologi, metode pengajaran, dan aspek psikososial tetap ada. Teknologi dan infrastruktur yang memadai, keterampilan teknologi yang ditingkatkan, dan dukungan pendidik menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Variasi metode pengajaran, perhatian pada aspek psikososial, serta keterlibatan dan dukungan orang tua juga menjadi faktor krusial dalam mencapai keberhasilan pembelajaran DARING. Rekomendasi strategis mencakup peningkatan investasi dalam teknologi pendidikan, pelatihan lanjutan untuk pendidik, pengembangan kebijakan yang mendukung pembelajaran DARING, dan perhatian khusus terhadap kesejahteraan psikososial peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan berharga bagi lembaga pendidikan dan pemangku kepentingan dalam merancang dan mengoptimalkan pembelajaran DARING di masa depan.References
Akbar, R., Anwar, C., & Siregar, J. H. (2021). Pengembangan Infrastruktur Pembelajaran Daring Menggunakan Antena Unidirectional. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(4), 760–767.
Anwar, K., Nuri, R., Athifah, A. N., & Novayulianti, R. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Duri Kepa 05. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 3.
Atsani, K. H. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.
Dermawan, D. D., & Sumarni, W. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 605–609.
Fathurrahman, M., Husain, A. K., Tahang, H., & Ba’diah, A. S. (2023). PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19: EVALUASI PENGALAMAN DAN TANTANGAN SISWA: ONLINE LEARNING DURING COVID-19: EVALUATION OF STUDENT EXPERIENCES AND CHALLENGES. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 11–21.
Halimatusadiya, H., Dewi, R. A. K., & Khoimatun, K. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 229–235.
Hanik, N. R., & Wiharti, T. (2021). Tanggapan dan Kendala Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring serta Harapannya Pada Pembelajaran dan Praktikum selama Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 609–616.
Isradini, N., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Peran teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. J. Persada, 3(3), 176–181.
Mahendra, G. S. (2021). Pembelajaran Daring dan Teknologi yang Mendukungnya - Kuota Kemendikbud, Infrastruktur dan Pembelajaran Adaptif Sebagai Solusi Pendidikan pada Era Pandemi di Indonesia (pp. 67–80).
Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.
Muskania, R., & Zulela, M. S. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165.
Purniawan, P., & Sumarni, W. (2020). Analisis respon siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 784–789.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.
Riyani, R., Sultan, M. A., & Yulia, H. (2021). Analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 pada tingkat sekolah dasar. Pinisi Journal of Education, 1(1), 231–238.
Saefulmilah, R. M. I., & Saway, M. H. M. (2020). Hambatan-hambatan pada pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Nusantara, 2(3), 393–404.
Saleh, C. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SECARA DARING DI SEKOLAH DASAR ERA PANDEMI COVID-19. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 10(4), 23–36.
Siswanto, R. (2022). Transformasi Digital dalam Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi. Gurudikdas.
www.gramedia.com/. (2023). Tinjauan Pustaka: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Contoh-Nya! Https://Www.Gramedia.Com/Literasi/Tinjauan-Pustaka/.
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Effectiveness Of Online Learning in Indonesian Language Learning. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sepni Yanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.