PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI KUE DARI ADONAN PIE UNTUK SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23815Keywords:
Pengembangan, Sparkol Videoscribe, Kue dari Adonan pieAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1)Hasil pengembangan media sparkol videoscribe pada materi kue dari adonan pie; 2) Kelayakan media sparkol videoscribe pada materi kue dari adonan pie untuk siswa SMK ; 3) Respon siswa SMK terhadap media sparkol videoscribe pada materi kue dari adonan pie. Metode penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE dengan menggunakan tiga tahapan (Analysis,Design dan Development). Validasi sparkol videoscribe melibatkan tiga orang ahli materi dan tiga orang ahli media. Objek penelitian berupa videoscribe dan respon siswa. Instrumen yang digunakan untuk kelayakan videoscribe meliputi lembar validasi materi, media dan angket untuk melihat respon siswa. Adapun teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil pengembangan media sudah berupa file MP4 berdurasi 23 menit yang dapat diakses oleh pembaca melalui gogle drive; 2) hasil validasi materi dan media dengan nilai rata - rata presentase 91.11% dan 86% termasuk dalam interpretasi sangat layak dengan revisi; 3) respon siswa memiliki rata – rata presentase 86.66% dengan interpretasi sangat baik. Hal ini mengindikasikan bahwa pengembangan sparkol videoscribe hasil penelitian dapat digunakan dalam pembelajaranReferences
Aini, K. (2023). Uji Kelayakan Media Pembelajaran VideoScribe berbasis Animation Drawaing Menggunakan Model ADDIE Pada Materi Pencemaran Lingkungan . Jurnal Natural Science Educational Research 6 .
Bella Safira, P. &. (2019). Impelementasi Media Pembelajaran Videoscribe pada Mata Pelajaran Akuntasi di Era Industri 4.0. 21 - 24.
Campen, C. A. (2020). Effects of Audio Support on Multimedia Learning Processes and Outcomes in Students with Dyslexia. Computers and Education,150, 1-14.
Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal: Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol.2, No.(1). , 94 - 109.
Fransisca. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Ipa Dalam Materi Tata Surya Kelas VI SD. JPGSD. Vol: 06, 1916-1927.
M A Hermawan, S. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol.2 No.2, 138-142.
Nasya, I. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pembuatan Puff Pastry dengan Metode Inggris Untuk Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Produk Pastry & Bakery di SMK N 4 Surakarta.
Pratama, A. D. (2019). Pengembangan Media Berbasis Sparkol Videoscribe Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup Pada kelas IV SD/MI.
Rahma, F. I. (2019). Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Studi Islam Vol,24 No.29.
Rahmatika, D. F. (2018). "Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe.". Desimal: Jurnal Matematika 1.3, 385-393.
Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian: untuk Mahasiswa S-1, S-2, dan S-3. Alfabeta.
Riyana. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Sasmita Dewi, E. D. (2021). Kelayakan Media Video Animasi Powtoon pada Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi Kelas X SMA dalam Pembuatan Biskuit Pisang Ambon Lumut. Jurnal Pendidikan Biologi.
Syastra, S. A. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Dalam CBIS Journal, Volume 3 No.2, 79.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vera Angel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.