PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS OBS (OPEN BROADCASTER SOFTWARE) PADA MATERI UNGGAS UNTUK SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA PADA FASE E
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.23809Keywords:
Pengambangan, Video pembelajaran, OBS (Open Broadcaster Software) UnggasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran dengan video, untuk siswa kelas X SMK Dharma Wanita Gresik. 2) Mengetahui respon peserta didik bila mana menggunakan media pembelajaran berbasis video mampu meningkatkan minat belajar siswa pada materi unggas. 3) Mengetahui hasil pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi OBS (Open broadcaster software). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan pengembangan model ADDIE, dengan 3 tahap dalam proses pengembangannya, yaitu 1) Analysis: analisis awal dan analisis kebutuhan, 2) Design: membuat story board, script/naskah dan produksi video pembelajaran, 3) Development: validasi dan revisi oleh ahli materi dan media serta hasil media video diujikan kepada peserta didik dengan mengambil respon menggunakan angket. Pengembilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket/kuesioner. Data dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan dari hasil uji kelayakan dan respon siswa terhadap video pembelajaran berbasis OBS (Open Broadcaster Software) pada materi unggas untuk siswa kelas X SMK Dharma Wanita Gresik dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Hasil dari video Pembelajaran berbasis OBS dapat di akses melalui platform YouTube. (2) Kelayakan materi unggas pada video pembelajaran berbasis OBS dengan presentase 89 % memperoleh predikat ”Sangant Layak” (3) Kelayakan media pada video pembelajaran berbasis OBS pada materi unggas dengan presentase 83 %. memperoleh predikat ”Sangant Layak” (4) Penilaian respon dari video pembelajaran berbasis OBS pada materi unggas untuk siswa SMK Dharma Wanita Gresik kelas X dengan presentase 86 % dapat dikategorikan ” Sangat Baik” untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran.References
Hamdan, A., & Attika, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi OBS Studio Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa. Educate?: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 208. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7472
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Ichiana, N. N., Halimah, A., & Dinayah, R. M. (2022). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Dalam Aplikasi “Ruangguru” Sebagai Media Belajar Online Siswa Sma Kelas X Ipa Pada Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Revisi. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. https://proceedings.uin-alauddin.ac.id/index.php/semnasftk/semnasftk01/paper/view/307
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Qorib, A., & Zaniyati, H. S. (2021). Penggunaan Open Broadcast Software Studio Dalam Mendesain Video Pembelajaran Era Pandemi. SYAIKHUNA: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam STAI Syichona Moh. Cholil Bangkalan, 12(1), 87–98.
Yudha, S. S. (2021). terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Metode yang digunakan adalah. 3, 538–545.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.
Nasya, I. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pembuatan Puff Pastry dengan Metode Inggris Untuk Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Produk Pastry & Bakery di SMK N 4 Surakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moh Moehandias Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.