INTEGRASI PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER (BIP) SEBAGAI PEDOMAN P5 KURIKULUM MERDEKA DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI MTS NURUL HUDA MANGARAN

Authors

  • Alivinda Aulia Safira Musyarofah Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Universitas Jember
  • Singgih Bektiarso Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22612

Keywords:

P5 Kurikulum Merdeka, BIP, Pengelolaan Limbah Styrofoam

Abstract

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 pada Kurikulum Merdeka adalah sebuah konsep dalam pendidikan di Indonesia yang dirancang untuk memberikan pendekatan yang lebih fleksibel, holistik, dan siswa-sentris dalam pembelajaran. P5 mengutamakan pembelajaran melalui penyelesaian masalah. Siswa dihadapkan dengan masalah nyata yang perlu diselesaikan, membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan pemikiran kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pembelajaran tentang tema gaya hidup berkelanjutan terutama bahasan tentang pengelolaan limbah wadah makanan berupa styrofoam melalui budidaya ulat hongkong sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka di MTs Nurul Huda Mangaran. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dan studi kasus. Buku yang dikembangkan berjudul "Teknik Budidaya & Pemanfaatan Ulat Hongkong (Tenebrio molitor L.)” sangat relevan untuk diterapkan dan memberikan panduan praktis serta teoritis kepada siswa tentang pemanfaatan ulat hongkong di banyak bidang dan sebagai solusi dalam mengatasi tingginya kuantitas sampah styrofoam di sekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran melalui buku ilmiah populer tersebut dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya pengelolaan limbah dan pelestarian lingkungan, sekaligus memberikan siswa pengetahuan praktis dalam budidaya ulat hongkong sebagai solusi inovatif pengelolaan limbah styrofoam.

References

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.

Dwi, S. (2023). Pengaruh Berbagi Pengetahuan Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Dengan Mediasi Kepemimpinan Bersama Pada Pegawai Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Tegal (Doctoral Dissertation, Stie Bpd Jateng).

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236-243.

Irwandi, I., Winarti, A., & Zaini, M. (2019, December). Kepraktisan buku ilmiah populer tentang penyu untuk siswa SMA kawasan pesisir. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 4, No. 3, pp. 548-554).

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59-68.

Mahmud, W. (2023). Persepsi Pengawas Dalam Implementasi Kurikulum Mereka di Madrasah Sekota Gorontalo: Analisis Dari Segi Kesiapan Pengawas Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 448-455.

Mahmudi, A., & Londa, P. (2017). Optimasi Penerapan Teknologi Ekstrusi pada Prototipe Mesin Daur Ulang Limbah Styrofoam. ROTASI, 19(2), 92-96.

Maulida, U. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14-21.

Musyarofah, A. A. S. 2021. Pengaruh Perbedaan Komposisi Pakan Sampah PSP (Polystyrene Paper) Styrofoam terhadap Kesintasan dan Pertumbuhan Larva Tenebrio molitor L. serta Pemanfaatannya sebagai Buku Ilmiah Populer. https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114057. Diakses pukul 12.00 WIB.

Musyarofah, A. A. S., W. Subchan, dan V. E. Susilo. 2022. Teknik Budidaya & Pemanfaatan Ulat Hongkong (Tenebrio molitor L.). Malang: Jagat Litera.

Salam, F. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka di homeschooling. Proceeding Umsurabaya.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.

Utami, P. U., U. Yelianti, W. D. Kartika. 2007. Pengembangan Buku Ilmiah Populer Keanekaragaman Mangrove Berbasis Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA. Website: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2211. Diakses: 27 Oktober 2020. Pukul 05.58.

Widyatna, E. (2023, June). Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Praktik Baik Kurikulum Merdeka. In Prosiding National Conference For Ummah (Vol. 2, No. 1, pp. 359-364).

Winarni, W. S. (2023). Composter Mini sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Meningkatkan Prestasi Siswa SMA. Jurnal Implementasi, 3(2), 169-173.

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Musyarofah, A. A. S. ., Prihandono, T., & Bektiarso, S. . (2023). INTEGRASI PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER (BIP) SEBAGAI PEDOMAN P5 KURIKULUM MERDEKA DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI MTS NURUL HUDA MANGARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3549–3556. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22612