ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Critical Thingking) PESERTA DIDIK BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.22755Keywords:
Keterampilan Abad 21, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis ProyekAbstract
Pesatnya arus globalisasi memberikan banyak perubahan dalam segala aspek kehidupan manusia. Oleh karena itu akan terdapat banyak tantangan sehingga perlu dipersiapkan generasi penerus yang mampu menjadi sumberdaya manusia yang berkualitas. Salah satu hal yang dapat dilakukan dengan melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik dimana keterampilan tersebut merupakan salah satu bentuk keterampilan yang diperlukan dalam abad 21 ini. Penulisan ini bertujuan untuk meganalisis pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran kimia terhadap berpikir kritis peserta didik. Pengumpulan data diperoleh melalui google scholar, Mendeley, dan Scimago sehingga diperoleh jurnal nasional maupun internasional. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode summarize melalui review jurnal dengan membuat tabel perbandingan dari tiap variabel yang diperoleh. Hasil yang diperoleh melalui review jurnal didapatkan bahwa pembelajaran kimia tidak bisa diterapkan hanya melaui daya ingat saja tapi memerlukan pula suatu keterampilan berpikir kritis yang dapat diterapan melalui berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis proyek sehingga nantinya akan menghasilkan proyek yang bermakna.References
Ayu, I., Wayan, I., & Muderawan, I. W. (2013). Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan. 3(2).
Daniel, F. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76
Delostrico, R. (2019). Project-Based Learning in Teaching Chemistry. International Journal of Current Research, 11(07), 5656–5663. https://doi.org/10.24941/ijcr.35863.07.2019
Desiana, G. A. (2022). Application of Project-Based Learning ( PjBL ) to Improve Critical Thinking Skills and Students ’ Learning Independence on the Making of Colloids in Dispersion. 1, 37–52.
Egege, S., & Kutieleh, S. (2004). Critical thinking: Teaching foreign notions to foreign students. International Education Journal, 4(4), 75–85.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(November 2019), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Insani, N., Fadiawati, N., Rudibyani, R. B., & Fauzi Syamsuri, M. M. (2018). Using Project-Based Learning in Improving Students’ Critical Thinking Skills to Separate of Mixtures. International Journal of Chemistry Education Research, 2(37), 84–88. https://doi.org/10.20885/ijcer.vol2.iss2.art5
Ipnugraha, I. (2013). Pioneering of Schools with International Standard to Respond the Globalization. Journal of Education and Learning (EduLearn), 7(3), 153–158. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i3.180
Londa, K., & Domu, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Leaning Berbasis Web Pada Kemampuan Higher Order Thinking Skils (Hots). MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 1(2), 25–28. https://doi.org/10.53682/marisekola.v1i2.1029
Murniati, N. (2020). Hasil Belajar Kognitif Dan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Di Man 2 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 94–105. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.94-105
Ngoc Tuan, N., Thi Hanh, B., & Trung Ninh, T. (2020). Project Based Learning in General Chemistry to Develop the Problem-Solving and Creativity. American Journal of Educational Research, 8(7), 475–479. https://doi.org/10.12691/education-8-7-4
Ningsyih, S., Junaidi, E., & IDRUS, S. W. . (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. J. Pijar MIPA, XI(1), 55–59.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Riti, Y. U. R., Degeng, I. N. S., & Sulton, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menerapkan Metode Design Thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1581. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15056
Rusminiati, N. N., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, 5, 1–11.
Sepriyanti, N., Nelwati, S., Kustati, M., & Afriadi, J. (2022). the Effect of 21St-Century Learning on Higher-Order Thinking Skills (Hots) and Numerical Literacy of Science Students in Indonesia Based on Gender. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(2), 314–321. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i2.36384
Sularmi, Utomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 3(4), 476. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Voogt, J., & Roblin, N. P. (2012). A comparative analysis of international frameworks for 21 st century competences: Implications for national curriculum policies. Journal of Curriculum Studies, 44(3), 299–321. https://doi.org/10.1080/00220272.2012.668938
Wayan Santyasa, I., Agustini, K., & Eka Pratiwi, N. W. (2021). Project based e-learning and academic procrastination of students in learning chemistry. International Journal of Instruction, 14(3), 909–928. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14353a
Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365
Zhou, Q., Huang, Q., & Tian, H. (2013). Developing Students’ Critical Thinking Skills by Task-Based Learning in Chemistry Experiment Teaching. Creative Education, 04(12), 40–45. https://doi.org/10.4236/ce.2013.412a1006
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Clara Teresa Malau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.