PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMA NASIONAL MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22626Keywords:
Hasil Belajar, Picture and Picture, Example Non Example.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas X IPS 1 berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPS 2 berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Picture and Picture dan model pembelajaran Example Non Example sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Model Pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Nasional Makassar. Karena nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture lebih tinggi daripada dengan Model Pembelajaran Example Non Example maka dapat dikatakan bahwa Model Pembelajaran Picture and Picture lebih baik dibandingkan dengan Model Pembelajaran Example Non ExampleReferences
Ashofa, W., & Djuhan, M. W. (2020). Peran Model Pembelajaraan Kooperatif tipe Picture and Picture Dalam Menumbuhkan Minat Belajar IPS Siswa Kelas VII D Di SMP Negeri 1 Balong. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia.
Astuti, S. Y., Haidar, K., & Riyadi, R. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 16 SAMARINDA. Educational Studies: Conference Series. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1197
FITRIANI, Y., & Qurbaniah, M. (2018). KOMPARASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUB MATERI TULANG SMA N 2 SUNGAI RAYA. JURNAL BIOEDUCATION. https://doi.org/10.29406/999
Mendrofa, R. N. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLESDITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 230–234.
Nadya, N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XI PEMASARAN SMKN 8 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI). https://doi.org/10.31932/jpe.v6i2.1345
Rompegading, A. B., Safitri, M., & Irfandi, R. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dengan Student Teams Achievement Division. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2245
Sadiman. (2017). Sadiman. (2017). Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan Dan Pemanfaatan. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). statistika untuk penelitian. Alfabeta.
Sundari, S., Ningrum, N., & Dewi, T. A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI SEKAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. https://doi.org/10.24127/edunomia.v1i2.1564
Telussa, R. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Pada Konsep Mobilitas Sosial Di Pkbm Mekar Sari Kabupaten Nabire Papua. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan.
Yulisdiva, A., Sodikin, C., & Anggraeni, P. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (Radec) Dengan Model Pembelajaran Inquiryterhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Gaya. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 7(1), 16–25. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesaTlp.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sapinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.