PENERAPAN TEKNIK ASK THE WINNER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI UPT SPF SMP NEGERI 49 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20716Keywords:
Hasil Belajar, Metode Ask the WinnerAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan Teknik Ask the Winner dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di UPT SPF SMP Negeri 49 Makassar yang dilakukan melalui metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 20 orang siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdapat empat pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif, analisis data aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan metode Ask the Winner dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang didasarkan pada data aktivitas dan hasil belajar yang menunjukkan peningkatan di setiap pertemuannyaReferences
Darlina. (2022). Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Siswa Kelas Ix . 3 Smp. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 157–163. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/9419/7361
Dwiyogo, D. W. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. PT RajaGrafindo Persada.
Indrawathi, N. L. P., Dewi, P. C. P., Widiantari, N. L. G., & Vanagosi, K. D. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 239–247. http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/2166
Khodijah, N. (2017). Psikologi Pendidikan (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada: Jakarta
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627
Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. 12(1), 14–22.
Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653
Miskanik, M. (2022). Kontrol Diri Sebagai Mediator Konsep Diri, Resiliensi, Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 120–128. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.5706
Rusdiana, & Heryati, Y. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan. CV Pustaka Setia: Bandung
Sani, A. R. (2015). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta
Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning. Pustaka pelajar: Yogyakarta
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118
Uno, B. H. (2016). Model Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta
Utami, P. S., & Gafur, A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri Di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4622
Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andi Fatmayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.