IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Syarifah Rizqi Nuramalia Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Iis Susiawati Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Dewi Utami Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22444

Keywords:

Strategi Belajar Aktif, Bahasa Arab, Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

Active Learning merupakan strategi belajar yang mengupayakan siswa agar lebih banyak melakukan interaksi belajar serta mengoptimalkan potensi dirinya. Adanya strategi active learning, diharapkan respon belajar siswa menjadi lebih baik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendalami bagaimana implementasi strategi active learning di kelas VI MI Ma’had Al-Zaytun pada pembelajaran bahasa Arab Tahun 2023 dan bentuk respons belajar siswa yang diperoleh darinya. Metode yang digunakan kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian field research. Pengambilan data berdasarkan hasil wawancara, observasi lapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi strategi active learning pada mata pelajaran bahasa Arab yang diterapkan di kelas VI MI Ma’had Al-Zaytun Tahun 2023, berupa: reading aloud, metode tanya-jawab, dan quiz game. Respons belajar yang muncul berupa respons positif dan negatif. Respons positif siswa ditandai dengan sikap memperhatikan guru, merasa senang, antusias, dan terlibat aktif dalam kegiatan belajar. Sedangkan respons negatif siswa muncul pada sikap: mengobrol dengan teman, bercanda, tidak percaya diri berpartisipasi, dan tidak mampu menjawab pertanyaan guru.

References

Ali, J. (2016). Permainan Sebagai Strategi Aktif Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 80, 1–32. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/JK5XH

Alwasilah, A. C. (2011). Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Pustaka Jaya.

Aziz, M. S. (2018). Aspek Perkembangan Manajemen Pembelajaran: Active Learning. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 150–160.

Budiono. (2017). Variasi Mengajar dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Metroyudan Tahun Pelajaran 2015-2016 (Vol. 5, Issue 1). https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Bujangga, H. (2022). Metode Reading Aloud dalam Membantu Siswa dengan Kesulitan Belajar Disleksia (Pembelajaran Inofatif Progresif). Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 63–78. http://grahajurnal.id/index.php/genderangasa/article/view/482%0Ahttps://grahajurnal.id/index.php/genderangasa/article/download/482/194

Fatmawati, & Anjarsari, P. (2021). Stimulus Guru dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Tingkat SMP. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 13–26. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Ferry, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep Mata Kuliah Evolusi. Journal on Education, 05(01), 39–46.

Hasan, I. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik (2nd ed.). Bumi Aksara.

Hasanah. (2016). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 22–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Indriyani, D., Meilina, F., Dewi, T. M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Belajar, H. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Semester III Universitas Karimun pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran SD. Jurnal Pendidikan MINDA, 4(1), 13–19.

Janah, R., Nurfadilah, K., & Qomariyah, S. (2023). Peran Motivasi Belajar Berpartisipasi dalam Peningkatan Prestasi Peserta Didik di SMK Az-Zainiyyah. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 87–99. https://doi.org/doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i3.311 Peran

Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab dan Pembelajarannya di Indonesia). An-Nidzam?: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16

Masruroh, U. (2017). Implementasi Strategi Belajar Aktif (Active Learning) dalam Pembelajaran Tematik di MIN Kauman Utara Jombang.

Mu’awanah. (2011). Strategi Pembelajaran (Pedoman untuk Guru dan Calon Guru) (1st ed.). Stain Kediri Press.

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X (Quasy Experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1), 25–41.

Nur, R., & Qodriani, L. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Thariqah, 7(2). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689

Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Pratiwi, L., Wahyudin, Rukyat, A., Fitri Yati, A., Lusiani, Riaddin, D., & Setiawan, J. (2021). Pengantar Statistika 1 (S. Haryanti (ed.)). Media Sains Indonesia.

Rahmadona, N. S., & Nana. (2021). Analisis Model Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Kelas. 1(1), 1–8.

Riadi, M. (2020). Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM). KajianPustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2020/01/model-pembelajaran-aktif-tipe-index-card-match.html

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Simanjuntak, S. D., & Imelda. (2018). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Realistik dengan Konteks Budaya Batak Toba. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 81–88.

Syagif, A., & Mustaufiy, H. (2022). Paradigma Pembelajaran Bahsa Arab di Era Society 5.0. FiTUA: Jurnal Studi Islam, 3(2), 134–144. https://doi.org/10.47625/fitua.v3i2.407

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 3 Tahun 2003).

Usman, M., Maukafeli, S. N. E., & Achmad, A. K. (2022). Implementasi Strategi Active Learning dalam Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman. Phonologie?: Journal of Language and Literature, 2(2).

Wibisono, A. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Nuramalia, S. R. ., Susiawati, I. ., & Utami, D. . (2023). IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3018–3026. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22444

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.