PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM MENUMBUHKAN JIWA BAHARI PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22289Keywords:
Jiwa Bahari; Anak Usia Dini.Abstract
Bahan ajar adalah alat atau dokumen yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan dan memperlancar kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi kepada guru dan kepala sekolah di PAUD NURANI BUNDA dengan Alamat di Jl. Silet, Kp Mendong Rt/w 001/001, desa Baros Jaya, Kecamatan Cinangka kabupaten Serang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan metode yang dipopulerkan oleh Dick and Carey, yaitu melalui empat tahap Analysis, Design, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Dari hasil observasi tersebut terdapat 54.5% dari 15 pertanyaan terkait dengan materi kemaritiman tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi dari guru dan orang tua mengenalkan literasi laut pada anak. penelitian ini berusaha untuk merancang dan membuat sebuah buku bahan ajar dalam bentuk buku ceritera anak tentang laut yang dapat mengembangkan literasi tentang kelautan dan menumbuhkan jiwa Bahari pada anak sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum PAUD. Penelitian yang dilakukan menghasilkan buku bahan ajar dalam bentuk buku Cerita Bergambar dengan Tema Aku Anak Pantai yang telah tervalidasi oleh para ahli. Buku bahan ajar yang telah dihasilkan dapat dijadikan sebagai sumber referensi bagi guru, orang tua dan peserta didik dalam menumbuhkan jiwa Bahari pada anak usia dini.References
Chuey, A., Lockhart, K., Trouche, E., & Keil, F. (2023). Young Children Can Infer Information Preferences From Goals And Recommend Appropriate Sources To Others. Developmental Psychology, 59(8), 1511–1518. Https://Doi.Org/10.1037/Dev0001573
Dick, W And Carrey, L. (1985). The Systematic Design Instruction. (2nd Ed.). Illinois: Scott., Foreman And Company.
Gullo, D. F. (2005). Understanding Assessment And Evaluation In Early Childhood Education (Vol. 95). Teachers College Press.
Hapidin, N. D., Pujianti, Y., & Suharti, S. H. (2022). Maritim Culture Literacy Acquisition In Early Childhood (Case Study In Kepulauan Seribu, Indonesia). … On Maritime Education …. Https://Doi.Org/10.4108/Eai.3-11-2021.2314786
Kurniawan, D., Sukamto, P. A. R. I., & Cahyani, R. Y. D. (2015). Implementasi Silabus Dalam Penerapan Materi Pelajaran Pendidikan Kursus Tamtama Musik Oleh Departemen Jahrillurja Di Pusdikajen Lembang. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/3905
Melzi, G., Schick, A. R., & Wuest, C. (2023). Stories Beyond Books: Teacher Storytelling Supports Children’s Literacy Skills. Early Education And Development, 34(2), 485–505. Https://Doi.Org/10.1080/10409289.2021.2024749
Muazzomi, N., & Sofyan, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Pengembangan Ape Berbasis Kewirausahaan S1 Pg- Paud Fkip Universitas Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 742–749. Https://Doi.Org/10.22437/Jssh.V5i2.15780
Ningsih, R. W., & Farida, N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Literasia: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 42–52.
Nuryati. (2022). Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. In D. Tesniyadi (Ed.), Media Edukasi Indonesia (Pertama, Vol. 1). Media Edukasi Indonesia.
Reynolds, M. (2021). The Lion, The Children And The Bookcase. History Workshop Journal, 91(1), 132–156. Https://Doi.Org/10.1093/Hwj/Dbab001
Sahriana, N., Suminar, T., & Sugiyo Pranoto, Y. K. (2020). Development Of Maritime Insight Learning Tools For Ocean Literacy In Children Aged 5-6 Years Old. Journal Of Primary Education, 9(5), 536–545. Https://Doi.Org/10.15294/Jpe.V9i5.43530
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nuryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.