EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN SEKOLAH PENGGERAK DI SDIT YABIS BONTANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22278Keywords:
Evaluasi, Program Pembelajaran Sekolah Penggerak, SDIT Yabis BontangAbstract
Evaluasi Program pembelajaran Sekolah Penggerak di SDIT Yabis Bontang, bertujuan untuk mengetahui program pembelajaran sekolah penggerak di SDIT Yabis Bontang. Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya, yang diawali dengan SDM yang unggul terutama yang mendukung komponen di Sekolah , terlibatnya guru penggerak, fasilitator guru penggerak, dan Pengajar Praktik guru penggerak. Masalah yang diteliti adalah bagaimana program pembelajaran Sekolah Penggerak di SDIT Yabis Bontang? Metode yang digunakan adalah studi lapangan dengan mengobservasi kegiatan, wawancara singkat dengan kepala sekolah, para guru yang terlibat, dan warga sekolah. Evaluasi yang dilakukan adalah kegiatan program pembelajaran sekolah Penggerak. Langkah -langkah yang dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan kepala sekolah, guru, dan wali kelas. Hasil menunjukkan bahwa Program Pembelajaran yang berpusat pada anak melalui Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan pembelajaran (ATP). Kesimpulan menunjukkan bahwa Evaluasi Program Pembelajaran sekolah Penggerak di SDIT Yabis Bontang dilakukan melalui 3 tahap yaitu Perencanaan, pelaksanaan, dan Evaluasi. Perencanaan harus melibatkan warga sekolah terutama guru, wakasis, wakur, dan komite sekolah penggerak melalui sosialisasi, bimtek kemudian diaplikasikan melalui KKG guru kelas. Pelaksanaan dilakukan oleh guru dan kelas yang sudah terlibat dengan IKM yaitu kelas 1 dan kelas 4. Sedangkan evaluasi juga dibantu unsur pendampingan dari fasilitator sekolah penggerak melalui kegiatan PKP dan PMO, Evaluasi dilaksanakan dengan berdiskusi, mencari kelebihan, kekurangan, kendala, dan bagaimana cara mendapatkan solusinya.References
Andrean Sita dewi. (2020). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. http://doi.org/10.22146/jkn.71741. Diakses 2 Juli 2023, pukul 09.30 wita
Anitah Sri, dkk. (2017). Materi pokok Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Adityo Wahyu Projo, (2020). Apa itu Sekolah Penggerak menurut penjelasan Nadim Makarim. http://www.kompas.com. Diakses 2 juli 2023. Pukul 23.10 wita.
Dokumen SDIT Yabis, 2023. Hasil Pelatihan IHT guru-guru SDIT yabis Bontang Kalimantan Timur
Hatimah Ihat, dkk. (2017). Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Harahap. E. 2016. Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jil. 1. No. 2. (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1014 diakses pada tanggal 28 Oktober 2023)
Jamal Nur Shaid. (2022). Apa Itu Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya.
https://money.kompas.com. Diakses 2 Juli 2023 pukul 23 Wita
Kemendikbud. 2021. Program Luncurkan Kemendikbud Sekolah Penggerak. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2023 http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/kemendikbud-luncurkan-program-sekolah-penggerak
Kemendikbud. 2021. Daftar Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Program Sekolah Penggerak. (https://docplayer.info/202701882-Program-sekolah-penggerak.html diakses pada tanggal 14 Oktober 2023)
Kurniawan Asep. (2023). Cara Mengasah kolaborasi dalam Kelas. http://kejarcita.id.
Diakses 27 Juni 2023; 11.27 Wita
Masitoh, dkk. (2016). Strategi pembelajaran di TK. Jakarta: Universitas Terbuka. Microsoft. Pemanfaatan Microsoft Office 365 dalam Pembelajaran.
http://www.microsoft.com/Microsoft 365. Diakses 27 Juni 2023, pukul 11.20 Wita
Microsoft. Wiki Pedia, Gambaran umum, Riwayat, Microsoft education. https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_365 , diakses 27 Juni 2023, pukul 11.55 Wita
Murni. (2018). Indahnya Kebersamaan Buku Bacaan Anak. Bontang: Alpatrec bontang Indonesia
Musfiroh.T, dkk. (2016). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dalam peluncuran sekolah penggerak secara daring, pada Senin (1/2/2021).http://Compas.com
KBBI Online, https://kbbi.web.id/analisis, diakses 2 Juli 2023, pukul 23.00 wita
Patilima Sarlin. (2021). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan dalam https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/issue/view/64. Diakses 23 Oktober 2023,
Kemendikbud RI, Program Sekolah Penggerak 2021. Jurnal Pendidikan (https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolakpenggerak/ Diakses Pada Tanggal 15 Oktober 2023). .org/index.php/jdp/article/view/53 diakses pada tanggal 16 Oktober 2023
Sibagariang, D. Sihotang, H. & Murniarti, E. 2021. Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan. Jil. 14. No. 2. (http://ejournal.fkipuki
Umi Dewi Qulsum. (2021). Guru Penggerak dan Transpormasi Sekolah dalam Kerangka Inkuiri. Yogyakarta: State University. Diakses 12 oktober 2023. ejournal.radenintan.ac.id › index › idaroh
Wiyani, NA 2011. Transformasi Menuju Madrasah Bermutu Terpadu. Jurnal Insania Vol.16, No.2.http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1588/1175. Diakses 12 Oktober 2023
Zamjani. aku, Dkk. 2021. Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. (https://penggerak-simpkb.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/portal-programsekolahpenggerak/wp-content/uploads/2021/02/10114931/Naskah-Akademik-SP.pdf diakses pada tanggal 21 Oktober 2023 ).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Murni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.