STRATEGI UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA TARUNA POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA CURUG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21528Keywords:
Strategi, Penguatan, Pendidikan Karakater, & Project Based Learning.Abstract
Perkembangan karakter sejak pendidikan dasar hingga sekolah tinggi memiliki potensi untuk mendorong kaum millenials supaya memiliki kepribadian yang mengacu tujuan pendidikan nasional. Penelitian kuantitatif yang dilakukan ini menggunakan pendekatan deskriptif. Tujuannya adalah untuk menjelaskan "Strategi untuk Penguatan pada Pendidikan Karakter melalui model Pembelajaran Berbasis Proyek pada taruna Politeknik Penerbangan Indonesia Curug." dengan total 32 orang subjek. Proses penelitian melibatkan beberapa tahap, seperti diskusi kelompok terfokus, lokakarya, pengembangan alat penelitian, survei lapangan, analisis data, penyelenggaraan seminar untuk menyajikan hasil, dan kegiatan sosialisasi. Penelitian ini berlangsung selama tiga minggu. Untuk analisis data ini dilakukan dengan menggunakan teknik persentase dengan memberikan deskripsu setiap Aspek yang sudah ditetapkan sebagai penanda atau petunjuk dan selanjutnya memberikan. Pendidikan karakter yang berencana dengan cermat, menggunakan berbagai strategi seperti pemahaman nilai-nilai moral, contoh perilaku etis, pengembangan emosi dan rasa kasih, tindakan etis, sanksi, dan pembiasaan, harus diaplikasikan pada semua SMA untuk memastikan bahwa Taruna mempunyai karakteristik dan terintegrasi (meliputi Pengetahuan, emosi, dan perilaku) yang termanifestasi dalam kehidupan sehari-hari mereka.References
Abdul, M dan Dian, A,. (2010). Pedidikan karakter dalam perspektif Islam, Bandung: Insan Cita Utama.
Abdulloh, H. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren, Pelajar dan Santri dalam era IT & Cyber Culture, Surabaya: IMTIYAZ.
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.
Amirullah, S. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter; Panduan Lengkap Mendidik karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah, Jakarta: As@-Prima Pustaka.
Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.
Doni, K. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.
Fatchul Mu’in,. (2011). Pendidikan Karakter Kontruksi Teoretik dan Praktik, Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Heri, C. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius, Jurnal Ri?ayah, 1(2) : 234.
Ikhlas, A. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Teorema Phygoras. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1395-1406.
Ikhlas, A. (2022). Efektivitas Whatsapp sebagai media Belajar Daring di Sekolah Dasar.
Kemendiknas, (2010). Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kosasih, E., (2014). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.
Muhammad, I., (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Suhana., C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran Bandung : Refika Aditama.
Syamsul, K. (2014). Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Teguh, T. (2014). Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang No 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan (Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 82, Tambahan Lembaga Negara Republik Indonesia Nomor 5234).
Yahya Khan,. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yayuk Suprihartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.