PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21087Keywords:
Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui adakah pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh kelengkapan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK PAB 2 Helvetia Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Akuntansi yang berjumlah 35 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) serta variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 120.589 - 0,647X1 - 0,748X2. Hasil Uji t untuk fasilitas belajar (X1) diperoleh thitung = -3.537 sehingga H1 diterima dan motivasi belajar (X2) diperoleh thitung = -3.159, sehingga H2 diterima. Kemudian untuk Uji F diperoleh Fhitung = 16.897, seingga H3 diterima. Secara simultan (R2) fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 48,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial.References
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. Https://Doi.Org/10.22460/Fokus.V4i4.7249
Aprianto, B. (2013). Sistem Infromasi Laporan Data Pertambangan Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Tembilahan Berbasis Web. Jurnal SISTEMASI, 2(2), 58–64. Https://Doi.Org/10.32520/Stmsi.V2i2.168
ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA?: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. Https://Doi.Org/10.30863/Didaktika.V12i2.181
Ayuwardani, R. P., & Isroah, I. (2018). PENGARUH INFORMASI KEUANGAN DAN NON KEUANGAN TERHADAP UNDERPRICING HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (Studi Empiris Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). Https://Doi.Org/10.21831/Nominal.V7i1.19781
Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 01(02), 1–20.
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V9i1.7739
Dongoran, F. R., Syah, D. H., Marniati, M., Hubur, A. A., & Susilawati, S. (2020). Factors Influencing Learning Motivation In The Learning Process. Journal Of Critical Reviews, 7(17), 506–511. Https://Doi.Org/10.31838/Jcr.07.17.70
Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i1.2061
Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 13–22.
Hikmiyah, S. N., & Burhanuddin, H. (2020). Siti Nafsiatul Hikmiyah, Hamam Burhanuddin, Konsep Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid 19. 02, 85–100.
Kasus, S., Mahasiswa, P., Pahlawan, U., Tambusai, T., Sari, E. N., Farhas, R. J., Zulmi, S., Zakky, M. A., Ekonomi, F., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2022). INNOVATIVE?: Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning In Primary Education Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Smartphone. 1, 688–695.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. P-ISSN 2549-7332 %7C E-ISSN 2614-1167%0D
Marita, W. E. (2015). Pengaruh Struktur Organisasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penerapan Business Entity Concept. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 7(1), 18. Https://Doi.Org/10.26740/Jaj.V7n1.P18-40
Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian. Raudhah, 05(02), 1–9. Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Raudhah/Article/View/182
Nur, S. (2015). Korelasi Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Sma 2 Polewali. Jurnal Pepatuzdu, 10(1), 47–67. Https://Journal.Lppm-Unasman.Ac.Id/Index.Php/Pepatudzu/Article/View/38
Sitirahayu, S., & Purnomo, H. (2021). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 164–168. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V4i3.242
Sugiyono.2017.Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta
Utami, I. T. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(2), 13–23. Https://Journal.Budiluhur.Ac.Id/Index.Php/Serasi/Article/View/1176
Zulfia, R., & Syofyan, E. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah, Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Di SMK Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mega Maulina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.