ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING BERDASARKAN TAHAP DEKOMPOSISI DAN PENGENALAN POLA SISWA DI KELAS III SDN 03 TOHO

Authors

  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura
  • Rio Pranata Pranata Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20757

Keywords:

Analisis, Kemampuan, Computational Thinking.

Abstract

SDN 03 Toho Aspek yang diteliti adalah kemampuan computational thinking brdasarkan tahap dekomposisi dan pengenalan pola. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mempertimbangkan dan menganalisis kondisi yang sebenarnya dari kemampuan computational thinking siswa tersebut. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan computational thinking siswa di kelas III SDN 03 Toho masih tergolong sangat rendah khususnya terkait pada aspek dekomposisi dan pengenalan pola. Hal ini disebabkan karena siswa belum pernah diberikan soal-soal  berbasis computational thinking dan guru juga masih asing terkait kemampuan tersebut sehingga belum pernah menerapkannya pada pembelajaran di kelas.

References

Adler, R. F., & Kim, H. (2017). Enhancing Future K-8 Teachers ? Computational Thinking Skills Through Modeling And Simulations. Journal Education And Information Technologies, 23(4), 1501–1514.

Isro’il., & Supriyanto. (2020) Berpikir Dan Kemampuan Matematika. Surabaya: Penerbit Jds.

Kreitner, Robert. 2014. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba 4

Lestari. L., & Rosdiana. L. (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2), 178-188. Vol 4 No 2 (2023): Range January 2023 | Range: Journal Of Mathematics Education (Unimor.Ac.Id)

Maharani. S., Nusantara. N., As‘Ari. A., & Qohar. A (2020) Computitonal Thinking Pemecahan Masalah Di Abad Ke-21. Madiun: Wade Grup

Moleong, J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakraya.

Rusman. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Subkhi, Akhmad. 2013. Pengantar Teori Dan Organisasi. Jakarta: Prestasi Puastaka Raya.

Sugiyono . (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanty. M. (2020) Berpikir Komputasional Dan Pemrograman Dengan Python. Jakarta: Salemba Infotek

Wing, J. M. (2008). Computational Thinking And Thinking About Computing. Philosophical Transactions Of The Royal Society A: Mathematical, Physical And Engineering Sciences. 366(1881), 3717–3725. . Doi:Https://Doi.Org/10.1098/Rsta.2008.0118

Yuntawati., Sanapiah., & Aziz, L. A. (2017). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. J-Mpm, 9(1), 34-42. Https://E-Journal.Undikma.Ac.Id/Index.Php/Jmpm

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Kresnadi, H. ., Ghasya, D. A. V. ., & Pranata, R. P. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING BERDASARKAN TAHAP DEKOMPOSISI DAN PENGENALAN POLA SISWA DI KELAS III SDN 03 TOHO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1281–1285. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20757

Similar Articles

<< < 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>