PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI MASYARAKAT INDONESIA

Authors

  • Fauzia Khoirunnisa Universitas Negeri Medan
  • Ainur Ridho Universitas Negeri Medan
  • Elisa Manurung Universitas Negeri Medan
  • Lastiar Silaen Universitas Negeri Medan
  • Anggi Lorenta Br. Saragih Universitas Negeri Medan
  • Maria Kristina Universitas Negeri Medan
  • Ribi Amelia Universitas Negeri Medan
  • Ghina Jauhara Universitas Negeri Medan
  • Taufiq Ramadhan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36986

Keywords:

Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Nilai-Nilai Pancasila, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi Penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai upaya dalam mencegah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di masyarakat Indonesia. Banyaknya kasus KDRT yang bisa merusak nilai-nilai Pancasila dan pelanggaran hak asasi manusia menjadi latar belakang adanya pengkajian ini. Pengkajian ini berpendekatan kualitatif secara menghimpun data dari sebagian jurnal yang telah ada dengan metode analisis deskriptif data. Pengkajian ini menampilkan bila banyaknya kasus KDRT memerlukan upaya yang signifikan, misalnya ialah penerapan nilai-nilai Pancasila. Bisa dibuat simpulanya bila nilai-nilai Pancasila memiliki peran penting guna mencegah KDRT serta menjadi acuan guna menetapkan hukum yang adil.

References

Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209–216.

Bahrudin, F. A. (2019). Implementasi Kompetensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(2), 184–200. https://doi.org/Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(2), 184–200. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i2.593

D. hidayat fahrul. (2023). Lembar Fakta Catatan Tahunan Komnas Perempuan Tahun 2023 Kekerasan terhadap Perempuan di Ranah Publik dan Negara: Minimnya Pelindungan dan Pemulihan Jakarta. 31–41.

Dedees, A. R. (2016). Melayu di Atas Tiga Bendera: Konstruksi Identitas Nasionalisme Masyarakat Perbatasan di Kepulauan Batam. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(2), 141. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jsp.10850

Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269.

Iskandar Dadang. (2016). Upaya Penanggulangan Terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Yustisi, 3, 13–22.

Murdiono, M., Suyato, S., & Arpannudin. (2020). Strategi Penguatan Nasionalisme Perbatasan Indonesia. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 34–43.

N. Rofiah. (2017). Kekerasan Dalam Rumah Tangga dalam Perspektif Islam. Wawasan J. Ilm. Agama dan Sos. Budaya. https://doi.org/10.15575/jw.v2i1.829.

Nurgiansah, T. H. (2021a). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.

Nurgiansah, T. H. (2021b). Petuah Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kontestasi Politik. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(1), 39–47.

Nurgiansah, T. H. (2021c). The Role of Citizenship Education in Building Bantul Community Political Participation in The Pandemic Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 1–4.

Nurgiansah, T. H., & Al muchtar. (2018). Development of Student Awareness through Student Learning Model Jurisprudential in Citizenship Education. ATLANTIS PRESS. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.150

Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.

Pamungkas, C. (2015). Nasionalisme Masyarakat Di Perbatasan Laut: Studi Kasus Masyarakat Melayu-Karimun. Masyarakat Indonesia, 41(2), 147–162.

R. Alimi and N. Nurwati. (2021). Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Perempuan. J. Penelit. Dan Pengabdi. Kpd. Masy, 2, 211. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34543.

Retnasari, L., & Hidayah, Y. (2019). Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Warga Negara Muda di Era Globalisasi melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi (Studi pada Mahasiswa PGSD UAD). Jurnal Basicedu, 6(1), 79–88. https://doi.org/Basicedu, 4(1), 79–88. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.303

Sutiyono, S. (2018). Reformulasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Menguatkan Nasionalisme Warga Negara Muda Di Wilayah Perbatasan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1824

Wahyudi, W. (2017). Peran Kader Bela Negara Di Kawasan Perbatasan Dalam Dinamika Hubungan Lintas Batas Negara: Studi Tentang Peran Forum Bela Negara di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 7(3), 19–40. https://doi.org/https://doi.org/10.33172/jpbh.v7i3.227

Yunita, Y., & Suryadi, K. (2018). Rancang Bangun Pendidikan Bela Negara sebagai Wahana Pengembangan Sikap Nasionalisme Bagi Mahasiswa. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 225–233.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Khoirunnisa, F. ., Ridho, A. ., Manurung, E. ., Silaen, L. ., Saragih, A. L. B. ., Kristina, M. ., Amelia, R. ., Jauhara, G. ., & Ramadhan, T. . (2024). PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI MASYARAKAT INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15921–15928. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36986

Most read articles by the same author(s)