IMPLEMENTASI PROGRAM ANTI BULLYING DI SMP NEGERI KOTA SALATIGA

Authors

  • Wiwik Dwi Widyawati Universitas PGRI
  • A.Y. Soegeng Ysh Universitas PGRI
  • Ngasbun Egar Universitas PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36857

Keywords:

Implementasi, Anti Bullying, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program anti bullying di SMP Negeri 1 Kota Salatiga. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik, waktu, dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan implementasi program anti bullying dengan melakukan sosialisasi dari dinas terkait dan sosialisasi kepada warga sekolah dan orangtua/ wali/ komite; identifikasi kebutuhan dengan melakukan pemetaan awal kondisi sekolah; penyusunan kebijakan; konsultasi anak; pembentukan TIM SRA, sudah terpenuhi dengan sangat baik, karena semua indikator sudah dilaksanakan.  (2) Pelaksanaan  implementasi program anti bullying dengan melaksanakan enam komponen yaitu kebijakan program anti bullying; pelaksanaan proses pembelajaran program anti bullying; pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak; sarana dan prasarana; partisipasi anak; dan partisipasi orangtua/ wali/ komite dan juga oleh lembaga masyarakat, dunia usaha, pemangku kepentingan lainnya, dan alumni sudah terpenuhi dengan baik meskipun  ada tiga poin yang kurang terpenuhi karena masih belum terlaksana. (3) Evaluasi implementasi program anti bullying belum terpenuhi dikarenakan yang sudah dilaksanakan baru evaluasi setiap ada rapat pembinaan dan evaluasi akhir tahun pembelajaran. Jadi belum mengikuti panduan evaluasi yang ada. Peneliti menyarankan agar DP3APPKB mengadakan pelatihan hak anak bagi para pendidik dan melakukan pemantauan dan pengawasan bagi sekolah yang sudah dicanangkan sebagai sekolah ramah anak. Bagi dinas pendidikan hendaknya juga sebagai tim eksternal selalu memantau dan mengawasi program agar terlaksana sesuai dengan alurnya. Bagi sekolah untuk mengikuti pelatihan hak anak yang diselenggarakan oleh DP3APPKB atau mencari sendiri narasumbernya. Juga literasi juknis program ditingkatkan lagi agar dapat menyesuaikan panduan yang ada.

References

Arek, Yayasan. (online). (https://adminsekolah.net/kebijakan-sekolah-ramah-anak/, diakses Kamis, 1 Februari 2024).

Ahyar, Mayra Khalidazia, Sabrina Zulfanova Saputri, Selfiana Khoirunnisa,Velda Murdiana. 2024. “Analisis Peran Emosi Dalam Kasus Pembullyan (Tinjauan Melalui Studi Pustaka)”. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, (online). Vol. 6, No.1. (https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/ index. php/ AY/article/view/780/794, diakses 9 Oktober 2023).

Arek, Yayasan. 14 Agustus 2023. “Kebijakan Sekolah Ramah Anak” Seri K.H.A (Konvensi Hak-Hak Anak) (online) (https://perpustakaan.komnasperempuan. go.id/web/index.php?p= show_ detail&id = 1154, diakses Senin, 9 Oktober 2023).

Arieka. 22 November 2022. “Deklarasi Sekolah Anak” (online). (https://salatiga. go.id/ deklarasi-sekolah-ramah-anak-pemkot-salatiga-wujudkan-sekolah-nyaman, diakses Senin, 9 Oktober 2023).

Ariyani, Kurnia. 17 November 2023. “Kunjungan Monev Kementerian Koordinator Bidang Pembinaan Manusia dan Kebudayaan di SMP Negeri 1 Salatiga Tahun 2023” (online). (https://smpn1salatiga. sch.id/home/ detailpost/kunjungan-monev-kementerian-koordinator-bidangpembinaan- manusia-dan-kebudayaan-di-smp-negeri-1-salatiga-tahun-2023, diakses 31 Mei 2024).

Aminudin, Karyanti. 2019. Cyberbullying dan Body Shaming. Yogyakarta: K. Media

Ali, Aisyah M. 2018. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Artadianti, Kiki dan Ari Subowo. 2017. “Implementasi Sekolah ramah anak (SRA) pada Sekolah Percontohan di SD Pekunden 01 Kota Semarang sebagai Upaya untuk mendukung Program Kota Layak Anak”. Journal of Public Policy and Management Review. (online), Volume 6, Nomer 3, (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/16683, diakses 9 Oktober 2023).

BSKAP. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: BSKAP Kemendikbudristek.

BSKAP. 2022. Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka

Daryono, Soewarto Hardhienata dan Rita Retnowati.2023. Evaluasi Implementasi Program Sekolah Ramah Anak. Jawa Timur: Jakad Media Publishing.

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2015. Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan.

Dewi, Vemmi Kesuma, Denok Sunarsi, dan Ahmad Khoiri. 2021. Pendidikan Ramah Anak. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Dhianawati, Ratna. 9 Agustus 2022. “Kehadiran Unicef sebagai Bentuk Apresiasi kepada SMP N 1 Salatiga” (online). (https://smpn1salatiga.sch.id/ home/ detailpost/kehadiran-unicef-sebagai-bentuk-apresiasi-kepada-smp-n-1-salatiga, diakses 31 Mei 2024).

Djamaludin, Nanang,. 2018. “Cermin Ringkihnya KLA dan SRA di Kota Depok”. 3 Maret 2019. (online). (https://www.watyutink.com/opini/Cermin-Ringkihnya- KLA-dan-SRA-di-Kota-Depok, diakses Senin, 9 Oktober 2023).

F. Denie Wahana. 2023. “Karnaval Anti Bullying- Stop Bullying: Stand Up, Speak Up SMP Negeri Salatiga”, (online). (https://smpn1salatiga.sch.id/ home/ search/karnaval, diakses 31 Mei 2024).

Farrasa, Muhammad Taqy Al, Muhamaad Samsul Hadib, AniQotuzZuhro’Fitriana. 2023. “Multiplatform Anti Perundungan Sebagai Strategi Mewujudkan Madrasah Inklusi Dan Ramah Anak Di Man Banyuwangi Muhammad”. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni (JISHS), (online), Vol. 1 No. 3.

(https://www.jurnal.minartis.com/index.php/jishs/article/view/857/794, diakses 9 Oktober 2023).

Firdianti, Arinda. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jakarta: Gre Publishing.

Handayani, Yetty, Maryanto, Noor Miyono. 2023. “Implementasi Sekolah ramah anak Program Anti Bullying di SMA Negeri 1 Kendal.” Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, (online), Vol. 9 No. 2 (2023). (https://journal. stkipsubang. ac.id/ index.php/didaktik/article/view/1087, diakses 31 Mei Mei 2024.

Hajaroh, Mami. 2017. Analisis Kebijakan Sekolah Ramah Di Kawasan Pesisir Wisata. Yogyakarta: CV. Andi.

Herman, Vanesa Adisa dan Catharina Novia Christanti. 2024. Stop Bullying! Siapa takut! Ayo Lawan Perundungan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Inniyah, Sitti dan Widyatmile Gede Mulawarman. 2021. “Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak pada SMP Negeri 2 Tenggarong dengan Model Evaluasi CIPP” (online). Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan. (https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/impian/article/view/ 852, diakses 5 Oktober 2023).

Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek. 2023. “Profil Pelajar Pancasila terdiri dari 6 dimensi. (Desain: Kemendikbudristek). Profil Pelajar Pancasila: Menggali Makna, Manfaat, dan Implementasinya”, (online) (https://itjen.kemdikbud. go.id/web/profil-pelajar-pancasila-menggali-makna-manfaat-dan-implementasinya, diakses Senin, 18 Desember 2023).

Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Jumari & Suwandi. 2021. Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak. Tinjauan Teoretis dan Praktis Berbasis CIPP Model . Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Kahfi, Ashabul. 2022. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah”. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, (online), Vol 5 No 2 (https://garuda.kemdikbud.go.id/ documents/detail/2963248, diakses 5 Oktober 2023).

Kanti, Wiwit, Cece Rakhmat, Nandang Budiman, Syifa Mudrikah. 2023. “Upaya Sekolah dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa SMP”. Innovative Education Journal (online) Vol. 5 No. 3, (https://attractivejournal.com/ index.php/aj/article/view/881/721, diakses 5 Oktober 2023).

Kemen PPPA. 2015. Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Lickona, Thomas. 2016. Character Matters (Persoalan Karakter). Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Mirnayenti. 2018. “Profil Sikap Anti Bullying Siswa SMPN 12 Padang. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, (online), (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1703, diakses 9 Oktober 2023).

Moloeng, Lexi. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muntasiroh. 2019. “Jenis-Jenis Bullying dan Penanganannya di SDN Mangonharjo Kota Semarang”, Jurnal Sinektik (online), (https://ejurnal.unisri.ac.id/ index.php/sin/article/view/2983/pdf, diakses 9 Oktober 2023).

Nadhif, Aldrich Akwa. 27 April 2022. “Penerimaan dan Penyaluran Zakat Fitrah di SMP Negeri 1 Salatiga Tahun 2022” (online). (https://smpn1salatiga. sch.id/home/detailpost/penerimaan-dan-penyaluran-zakat-fitrah-di-smp-negeri-1-salatiga-tahun-2022, diakses 31 Mei 2024). dan Brama Listya. “Kegiatan Keagamaan di Bulan Ramadhan SMP Negeri 1 Salatiga Tahun 2022” (online). (https: //smpn1 salatiga.sch.id/home/detailpost/kegiatan-keagamaan-di-bulan-ramadhan-smp-negeri-1-salatiga-tahun-2022, diakses 31 Mei 2024).

Nazir, Moh, 2014. Metode Penelitian, Surabaya: Penerbit Ghalia

Ningrum, Dian Purbo, Nur Afif Wahyudin, Rifana Intan Fauziyah, Vika Yulia Safitri, dan Muhammad Nofan Zulfahmi. 2023. “Sekolah Ramah Anak Sebagai Perwujudan Harapan Bangsa”. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, (online) Vol.1 no.3 (https://journal. widyakarya. ac.id/ index.php/jipsoshum-widyakarya/index, diakses 5 Oktober 2023).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Mayasari, Nanny, dkk. 2022. Perencanaan Pendidikan. Banten: Sada Kurnia Pustaka.

Pasha, Dhea Anisya, Bagdawansyah Alqadri, Dahlan, Mohammad Mustari. 2022. “Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di SMPN 1 Gunung Sari”. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan (online) Volume 4, Nomor 2.

(https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/1787/1227, diakses 5 Oktober 2023).

Permen Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia No. 8. Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah ramah anak.

Peraturan Walikota Kota Salatiga Nomor 47 Tahun 2018 yang mengatur tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak.

Qamaria, Rezki Suci, Feprilia Hana Pertiwi, Liza Nugrahining Mulyani, Nur Nilam Sari, Arrihlah Harriroh, Indah Nur Haq, Sebti Shofiya Nasihatin, Satrio Achmad Erlangga, Anisahab, Miftahul Jannah. 2023. “Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying”. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (online) Vol.4 No.1 Hal: 33-4633 (https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ kontribusi/ article/ view/265/147, diakses 5 Oktober 2023).

Rahmi, Siti, Riski Sovayunanto, Feny Febriyanti, Silva Dirmawana. 2023. Panduan Bimbingan dan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Rangkuti, Safitri dan Irfan Ridwan Maksum. 2019. “Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah ramah anak di SMP Negeri 6 Depok”. Journal of Public Sector Innovations (online) Vol. 4, (8 – 19). (https://jurnal.uns.ac.id/spirit-publik/article/view/34002, diakses 22 Oktober 2023).

Rohmana, Fadhila Sufiana dan Totok Suyanto. 2019. “Implementasi program Sekolah Ramah Anak sebagai Pengarusutamaan Hak Anak di MTsN 6 Jombang”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (online) Vol. 7 No.2 (https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikankewarganegaraan/ article/view/29125, diakses 22 Oktober 2023).

Rosmi, Fitria, Pratiwi Kartikasari, Siska Yuningsih, Luciana Anggraeni. 2023. “Edukasi Intensif Sekolah Ramah Anak Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas Rendah SDN Pamulang Indah”. Jurnal Pendidikan Transformatif (online) Vol. 02 No. 05 (https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/1096, diakses 9 Oktober 2023).

Roza, Darmini dan Laurensius Arliman S. 2018. “Peran Pemerintah Daerah untuk Mewujudkan Kota Layak Anak di Indonesia”. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTRUM (online) Vol 25 No. 1 (https://journal.uii.ac.id/IUSTUM/ article/ view/8150, diakses 5 Oktober 2023).

Rusdiana, A. dan Nasihudin. 2021. Akuntabilitas Kinerja dan Pelaporan Penelitian Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung.

Salsabila, Rindy. 24 Juli 2023. “19 Kota Layak Anak 2023 Menurut KemenPPPA, AdaKotamu?” (online). (https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/2023074111816-33-456709/19-kota-layak-anak-2023-menurut kemenpppa -ada kotamu, diakses Minggu, 22 Oktober 2023).

Sapitri, Widya Ayu. 2020. Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Bogor: Guepedia.

Sari, Desi Permata , Olandari Mulyadi, Ai Elis Karlinda. 2023. Implementasi Transaksi Penjualan menjadi Laporan Keuangan. Sumatra Barat: CV. Gita Lentera.

Sari, Ni Made Dainivitri, Kadek Suastini, Putu Dela Yuni Anggawati, Delisa prita Dinanti, Ni Luh Widya Ayodya Putri, Ni Putu Kesya Ardianti. 2024. Mencegah Bully di Sekolah Dasar. Bali: Nilacakra.

Setiabumi, Gabria Vara, Yemima Florine Renata, dan Magdalena Aquilla Putri. Juli 2022. “MPLS Tahun Pelajaran 2022/2023 SMP Negeri 1 Salatiga” (online). (https://smpn1salatiga.sch.id/home/detailpost/mpls-tahun-pelajaran-2022-2023-smp-negeri-1-salatiga, diakses 31 Mei 2024).

Setyawan, Davit. 21 Juli 2017 “Sekolah Ramah Anak KPAI” (online). (https ://www.kpai.go.id/publikasi/artikel/sekolah-ramah-anak,diakses Minggu 22 Oktober 2023).

Sholeh, M Asrorun Ni’am dan Lutfi Humaidi. 2016. Panduan Sekolah & Madrasah Ramah Anak. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sule, Ernie Tisnawati dan Kurniawan Saeful. 2019. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenada Media.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Wahana, F. Denie. 22 Agustus 2023. “Ikrar Toleransi SMP Negeri 1 Salatiga Tahun 2023” (online). (https://smpn1salatiga.sch.id/home/ search/ ikrar-toleransi, diakses 8 Mei 2024).

Agustus “Seminar Toleransi SMP Negeri 1 Salatiga Tahun 2023” (online). (https://smpn1salatiga.sch.id/home/search/seminar-toleransi, diakses 8 Mei 2024).

September 2023. “Gelar Karya SMP Negeri 1 Salatiga Tahun 2023” (online). (https://smpn1salatiga.sch.id/home/detailpost/gelar-karya-p5-1-smp-negeri-1-salatiga-tahun-2023, diakses 31 Mei 2024).

Oktober 2023. “Sabtu Sehat SMP Negeri 1 Salatiga Bulan Oktober 2023”, (online). (https://smpn1salatiga.sch.id/home/detailpost /sabtu -sehat-smp-negeri-1-salatiga-bulan-oktober-2023, diakses 31 Mei 2024).

November 2023. “Karnaval Anti Bullying-Stop Bullying: Stand Up, Speak Up SMP Negeri 1 Salatiga” (online). (https://smpn1salatiga.sch.id/home/search/karnaval, diakses 8 Mei 2024).

Yudiati, Rini, dkk. 2022. Pendidikan Anti Bullying. Solo: CV Basya Media Utama.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Widyawati, W. D. ., Ysh, A. S. ., & Egar, N. . (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM ANTI BULLYING DI SMP NEGERI KOTA SALATIGA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15867–15877. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36857