PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS X SMA SWASTA KAMPUS NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20717Keywords:
Disiplin Belajar, Perhatian Orang Tua dan Prestasi Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui ada/tidak Pengaruh Disiplin Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas X SMA Swasta Kampus Nommensen Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Y atas yaitu ? = 75,80+0,10 yang berarti variabel linear dengan Y. Dan Y atas yaitu ? = 78,17+0,11 yang berarti variabel linear dengan Y, serta Y atas dan adalah ? = 3,90+0,49+0,70, yang berarti variabel dan linear. Sementara Pengaruh antara terhadap Y adalah 0,46, pengaruh antara terhadap Y yaitu 0,49, koefisien kontribusi Y atas 86,75%, koefisien kontribusi Y atas 98,44%, koefisien kontribusi atas 30,33%.References
Ahmadi, Abu. 2019. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
A.M, Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dakthi, Agustin. Sukses. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Budi Utama.
Darmiatun, Daryanto. Suryatri. 2013. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, Syaiful. Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakiim, Lukmanul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Mudjiono, dan Dimyanti. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Istirani & Intan Pulungan. 2017. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Incom
Rosyid, Moh.Zaiful.Mustazab.Aminol, Rosid Abdullah. 2022. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Waryani. 2021. Dinamika Kinerja Guru da Gaya Belajar Konsep dan Implementasi Terhadap Prestasi Belajar. Jawa Barat: Adanu Abimata.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endang Restaulina Bagariang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.