IMPROVING LECTURE OUTCOMES OF ELECTRICAL TRANSMISSION SYSTEMS THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING

Authors

  • I Gede Budi Mahendra Universitas Negeri Manado
  • Jocke Jonathan Rapar Universitas Negeri Manado
  • Viverdy Memah Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20718

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Perkuliahan, Sistem Transmisi Listrik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil perkuliahan Sistem tranasmisi listrik dengan model pembelajaran berbasis masalah di jurusan pendidikan teknik elektro universitas negeri manado. Metode yang digunakan yaitu Quasy eksperimental design. Kemudian rancangan yang dilakukan adalah Pretest-posttest control group design. Setelah dilakukan penelitian dan mendapatkan hasil, maka dapat disimpulkan selama kegiatan proses perkuliahan, ternyata penggunaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh dalam meningkatkan hasil hasil perkuliahan Sistem tranasmisi listrik mahasiswa dengan perolehan hasil n gain score > dari 0,7 yaitu 0,78 dan n-gain score persenya >0,76. Data yang digunakan dalam penelitian ini berdistribusi normal dan melihat nilai signifikansinya yaitu lebih dari 0,05 sebesar 0,56 dan 0,72. Sebelum diadakan uji asumsi dasar uji soal tes hasil perkuliahan sudah dinyatakan valid dan reliabel dengan tingkat reliabilitas cukup yaitu sebesar 0,52. Hasil ini terbukti dengan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah perkuliahan Sistem tranasmisi listrik akan lebih mudah terserap pengetahuan yang diperoleh mahasiswa.  

References

dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15. Https://Doi.Org/10.56248/Educativo.V1i1.2

Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Edueksos?: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1). Https://Doi.Org/10.24235/Edueksos.V9i1.6144

Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning Dan Internet-Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309. Https://Doi.Org/10.21580/Nw.2013.7.2.563

Fahmizher, M., Ruuhwan, R., & Hartono, R. (2023). Pembuatan Aplikasi Denah Berbasis Augmented Reality (Ar) Model Marker Basic Tracking Menggunakan Metode Mdlc. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3s1). Https://Doi.Org/10.23960/Jitet.V11i3s1.3550

Hilaliyah, H. (2015). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Atas Bahasa Indonesia Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. 2.

Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif Mahasiswa Sebagai Agen Of Change Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Asanka: Journal Of Social Science And Education, 2(2), 181–193. Https://Doi.Org/10.21154/Asanka.V2i2.3193

Keliat, J. (N.D.). Pembelajaran E-Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Mata Kuliah Pendidikan Pkn Kelas Rendah T.A. 2021 Universitas Quality Berastagi.

Mukhzamilah,., Mulyono, ., Yunisseffendri, ., Turistiani, T. D., & Septiana, H. (2023). Pelatihan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia/Membaca Permulaan Bagi Guru Sdn Grudo 4 Ngawi: -. Transformasi Dan Inovasi?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 75–79. Https://Doi.Org/10.26740/Jpm.V3n2.P75-79

Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1). Https://Doi.Org/10.24127/Ja.V5i1.845

Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. (N.D.). Prestasi Akademik Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang.

Richard R. Hake. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 66(1), 64-74.

Samini, S., Trisiana, A., & Jumanto, J. (2023). Analisis Penerapan Model Self Directed Learning Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di Sdn 01 Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal On Education, 6(1), 7941–7959. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.4204

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Suchyadi, Y. (2020). Hubungan Antara Sikap Belajar Mahasiswa Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Etika Profesi. 03.

Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. 6(1).

Suherman, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran (Savi) Somatic Auditory Visual Intelectual Dalam Meningkatkan Pemahaman Puisi (Penelitian Tindakan Kelas). Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5055–5064. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i7.2375

Sukaris, S. (2017). Model Pembelajaran Lesson Study Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Kualitas Proses Pembelajaran Dan Kompetensi Dosen. Manajerial, 2(1), 17. Https://Doi.Org/10.30587/Jurnalmanajerial.V2i1.172

Ulum, H. (2023). Keterampilan Guru Dalam Mentransformasi Ilmu Pendidikan Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Kepada Peserta Didik. 02.

Yoridi, M. L. Y., & Pakereng, M. A. I. (2023). Klasifikasi Anak Berpotensi Putus Sekolah Dengan Metode Naïve Bayes Di Kabupaten Manokwari. 7.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Mahendra, I. G. B. ., Rapar, J. J. ., & Memah , V. . (2023). IMPROVING LECTURE OUTCOMES OF ELECTRICAL TRANSMISSION SYSTEMS THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1155–1162. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20718