OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KD 3.7/4.7 MATERI LINGKARAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KELAS VIII.6 MTSN 1 PAYAKUMBUH SEMESTER GENAP TP 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20453Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Project Based of LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika KD 3.7/4.7 Materi Lingkaran melalui Model Project Based Learning Metode Pemberian Tugas pada Kelas VIII.6 Semester Genap MTsN 1 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2022/2023 Payakumbuh, Sumatera Barat. Penelitian ini dilaksanakan mengunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari; perencanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi. Dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2023. Data diolah pada setiap siklus kemudian dianalisis menggunakan prosentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan model pembelajaran Project Based Learning metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh untuk kompetensi pengetahuan peserta didik pada Siklus I 86,3 naik menjadi 90,85 pada Siklus II, sedangkan untuk kompetensi keterampilan pada Siklus I 81,12 naik menjadi 93,21 pada Siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model Project Based of Learning metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.References
Amelia Dwi Hastuti, dkk. 2015. Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan di Desa Langenharjo Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Vol.13 No.1
Anitah W, Sri, “Strategi Pembelajaran” Respository.ut.ac.id (Jakarta: 2008)
Bloom, Benyamin.S, (2014). Taxonomy of Educational Objective. New York: Longman.
Hamalik, Oemar. 1993. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Lufri. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktek, dan Penelitian. Padang: Negeri Padang University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sovi Yosefa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.