PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING TERHDAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI IPA SMA N 4 PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Sri Indriani Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rusdi Rusdi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ulva Rahmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Haida Fitri Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19842

Keywords:

Cycle Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang masalah penelitian yang dilakukan ditemukannya permasalahan pada kelas XI IPA SMA N 4 Pariaman. Berdasarkan hasil observasi bahwasannya motivasi belajar masih dikategorikan rendah dimana hal ini dapat ditunjukkan ketika siswa mengerjakan PR mata pelajaran lain di dalam kelas ketika adanya proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan yang mana untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi dengan hasil belajar matematika dengan memakai model Cycle learning kelas XI IPA SMA N 4 Pariaman 2022/2023. Jenis penelitian berupa eksperiment dengan tipe pra- eksperiment perancangan penelitiannya adalah The Static Group Comparison Design dengan populasinya berjumlah 104 orang yang diambil sampelnya secara acak. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA 4 sebagai eksperimen & XI IPA 3 sebagai kontrol. Berdasarkan hasil analisis data angket diperoleh ??????? = 2,39 dan ?????? = 1,67. Sedangkan menggunakan SPSS diperoleh ?????? = 0,02 dan Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan uji t diperoleh harga ??????? = 2,58 dan ?????? = 1,67. Sedangkan menggunakan SPSS diperoleh ?????? = 0,04. Karena ??????? > ?????? dan ?????? > ? dengan taraf nyata ?= 0,05 maka tolak H0. Jadi kesimpulannya “Terdapat pengaruh model pembelajaran Cycle Learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa XI IPA SMA N 4 Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023”.

References

Al, Subana et. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto Suharsini. 2013. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

B. Sulistya U. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Teuku Umar Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang

B. Uno, Dr. Hamzah. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Candra, Ismy Aulia dkk. 2017. Model Pembelajaran Cycle Learning 7E untuk meningkatkan motivasi siswa pada materi Gerak Harmonik kelas X di SMA N 1 Kejayan. Jurnal “Inovasi Pendidikan Fisika (JIPE)” Vol.6 No.3

Dayanti, Lilis. 2017. Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Logika pada kelas X.2 SMAN 1 Kalaena Kabupaten Luwu Timur. Palopo: Skripsi IAIN Palopo

Departemen Agama RI. 2004. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit J-ART

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Psikologis Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fauziah Fujaroh & I Wayan Dasna. 2013. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Malang: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol.11 No.2

Fuadi, Muahammad dkk. 2020. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol.10 No.2

Gio, Prana ugiana dkk. (2016). Belajar Olah Data Dengan SPSS, Minitab, R, Microsoft Excel, Eviews, Lisrel, Amos, Dan Smartpls. Medan: USU Press

Hamalik Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hargiono dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Disertai Mind Map terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal: Bio-Pedagogi, Vol.5 No.2

Husamah dkk. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press

Ihasan Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Istarani. & Muhammad Ridwan. (2015). 50 Tipe, Strategi dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada

Kaif, Sitti Hermayanti. Dkk. 2022. Strategi Pembelajaran. Surabaya: Inoffast Publishing

Khodijah Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafind

Kompri. (2017). Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi

Lestari, Eka Karunia. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

M. Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Mahyuddin, Nenny. (2019). Emosional Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group

Misbahuddin dan Iqbal hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Priansa, Donni Juni. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: Cv Pustaka Setia

Purba, Friska Juliana. 2022. Dkk. Strategi-Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis: ISBN 978-623-342-372-4

Purwanto, Ngalim. 1994. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Grup

Sadirman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Prenada Media Grup

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sekretariat Negara RI. 2003. Undang-undang No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasiional

Shoimin Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Siregar Syofyan. 2014. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Siregar, Syofyan. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, dilengkapi dengan perhitungan manual dan Aplikasi SPSS Versi 2017. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Siyoto, Sandu dkk. 2015. Dasar metodologi penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing

Slamet, Yulius. 2008. Pengantar Penelitian Kuantitatif. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press

Sodikin dkk. (2009). Jurnal Penyesuaian dengan Modus Pembelajaran untuk Siswa SMK Kelas X,. Jurnal “Teknologi Informasi” Vol. 5 No. 2

Soepeno, Bambang. 1997. “Statistik Terapan dalam Penelitian Ilmu-ilmu Social dan Pendidikan”. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sugiman, I. M. Harry dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning 7E Terhadap Literasi SAINS Peserta Didik di Kelas X SMAN Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal “Pendidikan Fisika Undiksha” Vol.9 No.2

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RAD. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Suherman Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Sujono. 1988. Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Literasi PT Bumi Aksara

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Syah Darwyan. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Wlpole, Ronald E. 1993. Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Indriani, S. ., Rusdi, R., Rahmi, U. ., & Fitri, H. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING TERHDAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI IPA SMA N 4 PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 867–873. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19842