PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING TERHDAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI IPA SMA N 4 PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19842Keywords:
Cycle Learning, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Latar belakang masalah penelitian yang dilakukan ditemukannya permasalahan pada kelas XI IPA SMA N 4 Pariaman. Berdasarkan hasil observasi bahwasannya motivasi belajar masih dikategorikan rendah dimana hal ini dapat ditunjukkan ketika siswa mengerjakan PR mata pelajaran lain di dalam kelas ketika adanya proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan yang mana untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi dengan hasil belajar matematika dengan memakai model Cycle learning kelas XI IPA SMA N 4 Pariaman 2022/2023. Jenis penelitian berupa eksperiment dengan tipe pra- eksperiment perancangan penelitiannya adalah The Static Group Comparison Design dengan populasinya berjumlah 104 orang yang diambil sampelnya secara acak. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA 4 sebagai eksperimen & XI IPA 3 sebagai kontrol. Berdasarkan hasil analisis data angket diperoleh ??????? = 2,39 dan ?????? = 1,67. Sedangkan menggunakan SPSS diperoleh ?????? = 0,02 dan Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan uji t diperoleh harga ??????? = 2,58 dan ?????? = 1,67. Sedangkan menggunakan SPSS diperoleh ?????? = 0,04. Karena ??????? > ?????? dan ?????? > ? dengan taraf nyata ?= 0,05 maka tolak H0. Jadi kesimpulannya “Terdapat pengaruh model pembelajaran Cycle Learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa XI IPA SMA N 4 Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023”.References
Al, Subana et. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto Suharsini. 2013. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, Saifuddin. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
B. Sulistya U. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Teuku Umar Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang
B. Uno, Dr. Hamzah. 2015. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Candra, Ismy Aulia dkk. 2017. Model Pembelajaran Cycle Learning 7E untuk meningkatkan motivasi siswa pada materi Gerak Harmonik kelas X di SMA N 1 Kejayan. Jurnal “Inovasi Pendidikan Fisika (JIPE)” Vol.6 No.3
Dayanti, Lilis. 2017. Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Logika pada kelas X.2 SMAN 1 Kalaena Kabupaten Luwu Timur. Palopo: Skripsi IAIN Palopo
Departemen Agama RI. 2004. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit J-ART
Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Psikologis Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fauziah Fujaroh & I Wayan Dasna. 2013. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Malang: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol.11 No.2
Fuadi, Muahammad dkk. 2020. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol.10 No.2
Gio, Prana ugiana dkk. (2016). Belajar Olah Data Dengan SPSS, Minitab, R, Microsoft Excel, Eviews, Lisrel, Amos, Dan Smartpls. Medan: USU Press
Hamalik Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hargiono dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Disertai Mind Map terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal: Bio-Pedagogi, Vol.5 No.2
Husamah dkk. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press
Ihasan Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Istarani. & Muhammad Ridwan. (2015). 50 Tipe, Strategi dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada
Kaif, Sitti Hermayanti. Dkk. 2022. Strategi Pembelajaran. Surabaya: Inoffast Publishing
Khodijah Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafind
Kompri. (2017). Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi
Lestari, Eka Karunia. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
M. Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mahyuddin, Nenny. (2019). Emosional Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group
Misbahuddin dan Iqbal hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Priansa, Donni Juni. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: Cv Pustaka Setia
Purba, Friska Juliana. 2022. Dkk. Strategi-Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis: ISBN 978-623-342-372-4
Purwanto, Ngalim. 1994. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Grup
Sadirman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Prenada Media Grup
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Sekretariat Negara RI. 2003. Undang-undang No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasiional
Shoimin Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Siregar Syofyan. 2014. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Siregar, Syofyan. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, dilengkapi dengan perhitungan manual dan Aplikasi SPSS Versi 2017. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Siyoto, Sandu dkk. 2015. Dasar metodologi penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing
Slamet, Yulius. 2008. Pengantar Penelitian Kuantitatif. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press
Sodikin dkk. (2009). Jurnal Penyesuaian dengan Modus Pembelajaran untuk Siswa SMK Kelas X,. Jurnal “Teknologi Informasi” Vol. 5 No. 2
Soepeno, Bambang. 1997. “Statistik Terapan dalam Penelitian Ilmu-ilmu Social dan Pendidikan”. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Sugiman, I. M. Harry dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning 7E Terhadap Literasi SAINS Peserta Didik di Kelas X SMAN Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal “Pendidikan Fisika Undiksha” Vol.9 No.2
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RAD. Bandung: Alfa Beta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Suherman Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Sujono. 1988. Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Literasi PT Bumi Aksara
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Syah Darwyan. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Wlpole, Ronald E. 1993. Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Indriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.