ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DAN PENGARUH TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA TARUNA TERPADU KEMANG BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19666Keywords:
Pendidikan agama islam, organisasi siswa intra sekolah, prestasi, sekolah menengah atas, siswaAbstract
Organisasi Siswa Intra Sekolah dan pengaruh terhadap Prestasi Peserta Didik Kelas XI SMA Taruna Terpadu Kemang Bogor, Banyak kegiatan ekstrakurikuler di luar jam sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, dan bakat siswa, salah satunya adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). OSIS merupakan sebuah organisasi siswa yang wajib dibentuk di setiap sekolah. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Siwa merupakan awal dari wadah organisasi untuk membantu siswa bersosialisasi baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar. Selain itu, dengan mengikuti OSIS siswa juga dapat melatih jiwa kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas organisasi siswa intra sekolah dan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik si SMA Taruna Terpadu Kemang Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Pearson Correlation atau t hitung sebesar 0,645 sedangkan t tabel sebesar 0,404. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan korelasi Pearson, ditemukan bahwa pengaruh kegiatan organisasi organisasi siswa intra sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA Taruna Terpadu sebesar 41.6%. Sementara itu, sekitar 58,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan organisasi siswa intra sekolah di SMA Taruna Terpadu berada pada kategori sedang.References
Arham Suhedi. (2019). Pengaruh Aktivitas Organisasi Intra Sekolah (Osis) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Mts Ddi Lero Kec. Suppa Kabupaten Pinrang Oleh.
Http://Repository.Iainpare.Ac.Id/658/1/12.1100.088.Pdf
Chandra, P., & Kartika, W. T. (2021). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Bengkulu. Edification Journal, 3(2), 175–189. Https://Doi.Org/10.37092/Ej.V3i2.252
Hariwijaya, & Triton. (2011). Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi Dan Tesis (1s Ed.).Oryza.
Lidia Susanti. (2019). Prestasi Belejar Akademik & Non Akademik
(Amir Hamzah (Ed.); 1st Ed.). Literasi Nusantara.
Kurniawan, A. (2012). Pengaruh Kegiatan Osis Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smk Negeri 2 Wonosari. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/38034/1/Arief Kurniawan 06504241006.Pdf
Noor, J. (2022). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah (1sted.). Kencana.
Nugroho, B. Y., Saragih, F. D., & Eko, U. (2020). Metode Kuantitatif Pendekatan
Pengambilan Keoutusan Untuk Ilmu Sosial Dan Bisnis (A. Susila & M. Masykur (Eds.); 2nd Ed.). Salemba Humanika.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar Dasar
Statistik Penelitian (1st Ed.). Sibuku Media.
Http://Eprints.Mercubuana-Yogya.Ac.Id/Id/Eprint/6667/1/Buku-Ajar_Dasar- Dasarstatistik-Penelitian.Pdf
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abudullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar (1st Ed., Vols.978602–53). Literasi Nusantara.
Siyoto Dan Sodik. (2015). Dasar Metofologi Penelitian. In Ayup (Ed.),Literasi Media Publishing (1st Ed.). Literasi Media Publishing.
Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Qphfdwaaqbaj&Printsec=Frontcove R&Hl=Id#V=Onepage&Q&F=False
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (2nd Ed.). Alfabeta Bandung.
Wahidin, U. (2017). Peran Budaya Organisasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Pembangunan Masyarakat, Negara Dan Bangsa. Edukasi Islami?: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04), 408–418. Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V2i04.39
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hana Dwi Prasiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.