PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SCHOLOGY TERHADAP PENGEMBANGAN HASIL LITERASI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA FREE METHODIST 2 MEDAN

Authors

  • Beslina A Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Delavia Sihombing Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Juni Agus Simaremare Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19482

Keywords:

Literasi, Schoolologi.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana hubungan media pembelajaran penerapan schoolology terhadap literasi membaca. Artinya, kemampuan literasi yang dimiliki akan membantu anak dalam aktivitas membaca, menulis, berhitung, mengembangkan kemandirian, meningkatkan prestasi akademik, persiapan memasuki sekolah, serta mengembangkan kemampuan komunikasi dan sosialisasi dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Pengembangan hasil literasi berbasis project based learning Sebelum menggunakan pembelajaran aplikasi Schology pada kelas eksperimen di SMA Swasta FREE Methodist 2 Medan tanpa guru dengan menggunakan Media Pembelajaran, nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah adalah 60 dengan nilai rata-rata dianggap 81,16 Bagus. Dalam makalah ini, kami memberikan gambaran singkat tentang modalitas proyek di mana aplikasi schoology memainkan peran utama dalam meningkatkan literasi membaca.

References

Anggraini, P. D., Wulandari, S. S., & Program. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Chairunnisa. (2018). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar Frita Dwi Lestari 1 ? , Muslimin Ibrahim 2 , Syamsul Ghufron 3 , Pance Mariati 4. 5(6), 5087–5099.

Depdiknas. (2004). pengertian literasi sebagai keterampilan. 6, 11–22.

ELL Saragih. (2022). Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ) Pendidikan MEMBACA MENULIS DI KALANGAN ANAK MUDA Universitas HKBP Nommensen Medan Email?: Endabanurea19 @ gmail . com INFO ARTIKEL Diajukan Diterima Diterbitkan Pengenalan Literasi untuk Kemampuan Membaca dan Menuli. 3(2), 182–191.

Hamid. (2015). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital dan Tahapan Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Haniah, Asminiwaty, N., & S. (2019). Penggunaan Aplikasi Schoology. Repository.Unpas.Ac.Id, 10–44. http://repository.unpas.ac.id/43291/3/BAB II.pdf

Juniarti. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan E-Modul Interaktif Berbasis Schoology pada Materi Momentum dan Impuls di Universitas Binawan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri …, 6(4), 15–21. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jiaf/article/view/21348

Misbah. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Materi Impuls dan Momentum untuk Melatihkan Literasi Digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109–114. https://doi.org/10.24905/psej.v3i2.107

Munadi, Y. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Rahman, F. A., & Damaianti, V. S. (2019). Model Multiliterasi Kritis Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 27–34. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/11140/7080

Sefriani, R., & Rina Sepriana. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Index, 21(1), 1–9.

Setiyani. (2019). Pelatihan Penggunaan Platform Aplikasi E-learning Schoology Pada Guru SMA. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 1(2), 151–158. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.11722

Siagian, B. A Study, S. (2023). PJEE THE DYNAMICS OF NEIGHBORHOOD SPEAKING?: 12, 128–143. https://doi.org/10.24127/pj.v12i1.5486

Simanjuntak. (2022). Proses pembelajaran yang baik berdasarkan karateristik individu. PE (Jurnal Pendidikan Edutama).

Simanjuntak, H., & Sitompul, E. A. (2020). Kreatifitas Guru Menggunakan Media Pembelajaran Tematik Kelas V Sdn 065854 Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan. As-Syar’i?: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 134–148. https://doi.org/10.47467/as.v2i2.125

Simanjuntak H. (2021). strategi untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar (p. 106).

Simaremare, J. A. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. 03(02), 82–98.

Sudjana. (2017). Populasi penelitian sebagai totalitas nilai. 21(1), 59–70.

Sudjana. (2019). Populasi dan Sampel Penelitian (Issue 2016, pp. 24–36).

Sugiyono. (2018a). Metode penelitian Kuantitatif. Agora, 7(2), 1–5.

Sugiyono. (2018b). Penelitian Eksperimen. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 1(2), 117. https://doi.org/10.31331/joined.v1i2.752

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Supriyanto, E., S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan LMS Schoology Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 191–211. http://jgdd.kemdikbud.go.id/index.php/jgdd/article/view/437

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas iii sd negeri sidorejo lor 01 salatiga. jurnal pesona dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Yunus A., dkk. (2018). Pembelajaran Literasi. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 21, 1–9.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Siagian, B. A. ., Sihombing, D., & Simaremare, J. A. . (2023). PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SCHOLOGY TERHADAP PENGEMBANGAN HASIL LITERASI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA FREE METHODIST 2 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 402–411. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19482