ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS 5 DI SDN 1 KALIBUNDER

Authors

  • Ervin Reliavirli Rusti SD Negeri 1 Kalibunder

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.12156

Keywords:

Literasi Membaca, Siswa Sekolah Dasar, Rendahnya literasi membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah dan faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa kelas 5 di SDN 1 Kalibunder. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan sumber data yang didapatkan berdasarkan data kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui hasil wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa kelas 5 di SDN 1 Kalibunder adalah: (1) Rendahnya minat membaca, (2) Sarana dan prasarana yang kurang, (3) Hubungan dalam keluarga, (4) Pengaruh Hp dan televisi, (5) Guru belum memaksimalkan model dalam pembelajaran membaca.  Langkah-langkah yang dapat direkomendasikan berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini: (1) Menerapkan kegiatan literasi rutin dan berkelanjutan di kelas, (2) Tercukupinya saran dan prasarana yang dapat menunjang literasi, (3) Kolaborasi dengan orang tua dalam pembiasaan kegiatan membaca di rumah, (4) Kegiatan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembalajaran membaca. 

References

Hapsari, Amalia Putri (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah.

Mardika, Tiwi (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar.

Rahman. (2017). Multiliterasi dan pendidikan karakter. Dalam prosiding seminar 2nd Internasional Multiliteracy Conference and Workshop for Students and Teachers, hlm.331-336. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Rahman. (2017). Kecakapan Literasi di sekolah dasar. UPI

Rahman. (2017). Keterampilan Guru Abad 21 Dalam Variabel Penguasaan Media Audio Visual. UPI

Rahman, et.al. (2018). Writing Prose Through Think Talk Write Model Based On Video In Elementary School.

Siti, R. (2019). Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan Siswa Dalam Membaca Dan Menulis Kelas Iv Di Sdn 85 Kota Lubuk Linggau (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Surgangga, Made Ngurah. “Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas.” Lembaga Penjamin Mutu, 2017.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Triling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century skills learning for life in our times. San Francisco:John Wiley & Sons, In

Witanto, Janan (2018). Minat Baca Yang Rendah. Skripsi. Diakses pada tanggal 5 Juli 2022.

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Rusti, E. R. . (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS 5 DI SDN 1 KALIBUNDER . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 1–4. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.12156