PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MUSAMUS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23615Keywords:
Literasi Digital, Penguasaan Diksi, Keterampilan MenulisAbstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa produktif yang menjadi capaian lulusan mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Musamus. Dalam menulis, mahasiswa perlu terampil dalam memanfaatkan grafologi, struktur bahasa, dan diksi, sehingga membutuhkan latihan secara berkesinambungan agar menjadi penulis yang andal. Terdapat faktor lain yang dianggap berpengaruh terhadap keterampilan menulis mahasiswa, yaitu kemampuan literasi digital dan penguasaan diksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengaruh kemampuan literasi digital terhadap keterampilan menulis mahasiswa, (2) pengaruh penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis mahasiswa, (3) pengaruh kemampuan literasi digital dan penguasaan diksi secara bersamaan terhadap keterampilan menulis mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa angket; soal pilihan ganda; serta praktik menulis. Teknik analisis data menggunakan empat langkah, yaitu (1) menghitung nilai kemampuan literasi digital; (2) menghitung nilai penguasaan diksi; (3) menghitung nilai praktik keterampilan menulis; (4) menghitung pengaruh ketiga variabel dengan menggunakan uji regresi linier berganda pada SPSS. Sementara pengolahan data dilakukan dengan reduksi data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi yang mengontrak mata kuliah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Hasil penelitian menggambarkan pengaruh kemampuan literasi digital dan penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis mahasiswa. Berdasarkan analisis menggunakan analisis regresi berganda, dapat diketahui bahwa variabel penguasaan diksi berpengaruh terhadap keterampilan menulis sebesar 1,2%, variabel kemampuan literasi digital berpengaruh terhadap variabel keterampilan menulis sebesar 9%, sedangkan variabel kemampuan literasi dan penguasaan diksi berpengaruh terdahap keterampilan menulis sebesar 11,6%.References
bas, S. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar. Depdiknas.
Barrette, C. B. (2016). Students’ preparedness and training for CALL. CALICO Journal, 19(1), 5–36.
Bereiter, C., & Scardamalia, M. (1987). The Psychology of Written Composition. Lawrence Erlbaum Associates.
Department of Education. (1996). Getting America’s students ready for the 21st century: Meeting the technology literacy challenge. A Report to the Nation on Technology and Education.
Dudeney, G., & Hockly, N. (2016). Literacies, technology and language teaching. Dalam The Routledge handbook of language learning and technology. Routledge.
Garcia, E., & Moizer, J. (2019). Student learning in higher education through blogging in the classroom. Elsevier Ltd, 136(1).
Gie, T. L. (2002). Terampil mengarang. Penerbit Andi.
Kellogg, R. T. (2008). Training Writing Skills: A Cognitive Development Perspective. Journal of Writing Research, 1(1), 1–26.
Keraf, G. (2008). Diksi dan gaya bahasa. PT Gramedia Pustaka Utama.
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. BPFE.
Oktafiani, N., Tayeb, T., & Rosdiana, R. (2020). Pengaruh kemampuan literasi digital terhadap keterampilan menulis narasi mahasiswa Program Studi Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makasssar. Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 165–176.
Sugiyono, P. (2011). Metode penelitian administrasi. Alfabeta.
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suparno, M. Y. (2009). Keterampilan dasar menulis. Universitas Terbuka.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.
Widiyarto, S. (2017). PENGARUH MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI. Jurnal Pesona, 3(1), 74–80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Najdah Thaib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.