PROGRAM BELAJAR BLENDED DENGAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING PADA PROGRAM MBKM DI PT SEMESTA INTEGRASI DIGITAL

Authors

  • Natasya Meifiani Universitas Tama Jagakarsa
  • Eko Cahyo Mayndarto Universitas Tama Jagakarsa
  • Winaria Lubis Universitas Tama Jagakarsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.19425

Keywords:

Pembelajaran Blended, Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mahasiswa agar mampu membuat program belajar yang berintegrasi digital dengan memanfaatkan berbagai aplikasi pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan program belajar blended yang dapat diakses dengan mudah pada LMS Karier.mu dengan topik materi model pembelajaran kooperatif yang dapat diimplementasikan oleh guru didalam kelas untuk menghendaki keberagaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan guru dapat dengan mudah mangakses program belajar blended pada LMS Karier.mu dan topik materi yang disajikan berupa beragam berbagai aktivitas pembelajaran baik yang berbentuk materi infografis, power point interaktif menggunakan canva, video, animasi pembelajaran, maupun mentimeter untuk mengukur tingkat pemahaman.  

References

Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2020). Peran Model Pembelajaran Think Pair and Share (Tps) Berbantuan Media Card Short Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Syahril, X(1), 5–24.

Lubis, W. (2020). Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 132–141. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3282

Maryam, S., & Sukmana, N. (2019). Penggunaan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ilmu. 2, 156–162.

Putri, L. B., Yunitasari, E., & Rachmawati, P. D. (2019). Pendidikan Kesehatan Jigsaw dan Make a Match dalam Mencegah Fluor Albus pada Remaja Pondok Pesantren. Pediomaternal Nursing Journal, 5(1), 109. https://doi.org/10.20473/pmnj.v5i1.12364

Sjafei, I. (2022). Flipped Learning Sebagai Bentuk Pembelajaran Blended di Era Digital (Suatu Tinjauan Konseptual) Irna Sjafei Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tama Jagakarsa, Jakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(June), 325–337.

Tindaon, J., & Eti Muliani. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Dan Di Rumah Siswa Kelas V Sd Negeri 054870 Tanjung Jati Kec. Binjai Kab. Langkat. Jurnal Tunas Bangsa, 8(1), 88–100. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i1.1370

Ufiluthfiyah. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Wordpress.Com. https://ufitahir.wordpress.com/2013/09/24/modelpembelajarankooperatiftps/

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Meifiani, N. ., Mayndarto , E. C. ., & Lubis , W. . (2024). PROGRAM BELAJAR BLENDED DENGAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING PADA PROGRAM MBKM DI PT SEMESTA INTEGRASI DIGITAL . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 393–401. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.19425