PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34599Keywords:
Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Pengungkapan CSRAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Menggunakan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai penelitian terdahulu yang membahas hubungan antara pengungkapan CSR dan kinerja keuangan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR memiliki dampak positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan, terutama dalam membangun reputasi yang baik, meningkatkan kepercayaan investor, dan mendukung kinerja keuangan jangka panjang. Dampak ini lebih terasa pada perusahaan yang beroperasi di industri dengan eksposur publik tinggi dan di negara-negara berkembang, di mana regulasi terkait CSR masih berkembang. Namun, penelitian juga mengungkapkan bahwa pengaruh pengungkapan CSR bervariasi tergantung pada industri, wilayah geografis, dan ukuran perusahaan. Tantangan seperti biaya implementasi dan risiko greenwashing juga menjadi hambatan dalam memaksimalkan manfaat pengungkapan CSR. Meskipun demikian, penelitian ini menekankan pentingnya pengungkapan CSR yang transparan dan menyeluruh sebagai bagian dari strategi bisnis yang berkelanjutan. Penelitian ini juga mengidentifikasi adanya gap dalam literatur yang dapat diisi oleh penelitian di masa mendatang, terutama yang terkait dengan pengaruh kontekstual dan standar pengukuran CSR yang lebih seragam.References
Amalia, Y. R., & Sitompul, P. (2024). PENERAPAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANWIL DJKN SULAWESI SELATAN, TENGGARA DAN BARAT TAHUN 2023. Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi, 206–213.
Aripin, Z., Faisal, I., & Redjeki, F. (2024). pdf ANALYSIS OF CONSUMER INTENTION TO PURCHASE SMART ROBOTIC PRODUCTS AND SERVICES IN INDONESIA: A THEORY OF PLANNED BEHAVIOR APPROACH. KRIEZ ACADEMY: Journal of Development and Community Service, 1(9), 1–13.
Arjang, A., Utami, E. Y., & Redjeki, F. (2024). Utilization of Social Media and Online Platforms in Improving Customer Engagement of Fashion SMEs in Bali. West Science Business and Management, 2(01), 29–36.
Ayesha, I., Redjeki, F., Sudirman, A., Sari, A. L., & Aslam, D. F. (2021). Behavior of Female Entrepreneurs in Tempe Small Micro Enterprises in Tasikmalaya Regency, West Java as Proof of Gender Equality Against AEC. 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 124–130.
Dwihadiah, D. L. (2023). PELATIHAN KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA DI PERUSAHAAN OTOMOTIF MULTINASIONAL INDIA DI INDONESIA. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1–7.
Erlangga, D. (2021). Kegiatan Corporate Social Responsibility (Csr) Oleh Humas Pt. Sgmw Motor Indonesia (Wuling) Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Universitas Komputer Indonesia.
Haryaman, A., Amrita, N. D. A., & Redjeki, F. (2024). SECURE AND INCLUSIVE UTILIZATION OF SHARED DATA POTENTIAL WITH MULTI-KEY HOMOMORPHIC ENCRYPTION IN BANKING INDUSTRY. Journal of Economics, Accounting, Business, Management, Engineering and Society, 1(9), 1–13.
Herlina, H., Mulyeni, S., Ulfha, S. M., Partini, S. T., & Redjeki, F. (2023). Edukasi Wirausaha Dan Pendampingan Psikologis Pasca Gempa Bumi Cianjur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(2), 135–146.
Kusnandar, A., & Redjeki, F. (2019). PAYMENT SECURITY OF USANCE DOCUMENTARY CREDIT (DC) FOR BENEFICIARY’S BANK.
Manullang, R. A., Togatorop, A., Pasaribu, E. J., & Sitompul, P. (2024). THE INFLUENCE OF WORK COMMITMENT, WORK ENVIRONMENT AND WORK DISCIPLINE ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT COPDIT CU PARDOMUAN DOLOK SANGGUL. Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi, 29–38.
Redjeki, F. (2017). The Role of Acceptance in Expediting Export Payment Transactions Using Usance Documentary Credit. Jurnal Techno-Social Ekonomi, 10(1), 1979–4835.
Redjeki, F. (2022). Pemahaman Documentary Credit Including UCP 600.
Sabini, M. N., & Ganiem, L. M. (2015). Corporate Social Responsibility sebagai Strategi Komunikasi Bisnis Perusahaan. Jurnal ASPIKOM, 2(5), 346–356.
Sihotang, H., & Sitompul, P. (2024). PENGARUH EMPLOYER BRANDING DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA GENERASI Z DI KOTA MEDAN: JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 271–284.
Silitonga, E., Nainggolan, I. S. M., Marbun, P., & Sitompul, P. (2024). THE INFLUENCE OF WORKLOAD AND COMPENSATION ON INTENTION TO MOVE IN NASI TEMPONG INDRA RESTAURANT MEDAN. Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi, 176–184.
Sitompul, P. (2024). Keuangan Inklusif dengan Literasi Keuangan yang Tepat Bagi Pelaku UMKM. Seminar Nasional Manajemen Dan Akuntansi.
Sitompul, P., Sihombing, W., Tinambunan, A. P., & Purba, S. (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN, PELATIHAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT TUNAS CAHAYA MANDIRI WIDYATAMA MEDAN. KUKIMA: Kumpulan Karya Ilmiah Manajemen, 131–143.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tarigan, I., Harsono, S., Subiantoro, N., & Sitompul, P. (2024). AMBIDEXTERITY CAPABILITIES AND HUMAN CAPITAL IN INDONESIAN TOURISM MSMEs PERFORMANCE. Jurnal Darma Agung, 32(2), 737–752.
Tjilen, A. P. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lokal Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Local Community Economic Empowerment And Corporate Social Responsibility)(Teori, Konsep, Dan Implementasi Kebijakan Publik). Deepublish.
Yamin, Y., Permanasari, A., Redjeki, S., & Sopandi, W. (2020). Project based learning to enhance creative thinking skills of the non-science students. Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 4(2), 107–111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eko Cahyo Mayndarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.