PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA - SISWI KELAS X SMA SWASTA HOSANA

Authors

  • David Nobel Nainggolan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Elza L.L. Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Harlen Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Pontas J. Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19285

Keywords:

Metode Quantum Writing, Teks Puisi, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta Hosana Medan TP 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian two grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah 40 orang dan yang menjadi sampel  dalam penelitian ini adalah  kelas X-IIS sebanyak 20 siswa dan X-MIA sebanyak 20 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan Metode Quantum Writing, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 52,9 dengan simpangan baku 6,88 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 81,8 dengan simpangan baku 8,01.. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ? =0,05, diperoleh thitung > ttabel (10,29 > 2,085), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha  diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Metode Quantum Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta Hosana Medan TP 2022/2023.

References

Budiastuti, P., Soenarto, S., Wahyu Ramndani, H., Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika, P., & Ahmad Dahlan, U. (2021). Pramudita Budiastuti: Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar … Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan (Vol. 05, Issue 1). Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jee

Dr. Harlen Simanjuntak, M.Pd. (2022). Diktat Perencanaan Dan Pembelajaran. Repository.Uhn.Ac.Id.

Dr. Harlen Simanjuntak Et Al,Nd. 2021.Strategi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Cv.Penerbit Qiara Media - Pasuruan, Jawa Timur.

Dr. Harlen Simanjuntak, M. Pd. (2022). Diktat Perencanaan Dan Pembelajaran. Repository.Uhn.Ac.Id.

Drs. Pontas Jamaluddin Sitorus, M. Pd. (2019). Cara Belajar Efektif Dan Efisien Kepada Siswa. Http://Repository.Uhn.Ac.Id/.

Drs. Tigor Sitohang, M. Pd. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Power Reading Terhadap Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Oleh Siswa Kelas Xi Smk Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Http://Repository.Uhn.Ac.Id/.

Elza L.L. Saragih, S. S. , M. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Tayangan Media Film Jokowi The Movie Terhadappeningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsipadasiswa-Siswi Kelas Viismpnegeri 5 Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, Volume 3 Nomor 2.

Fuji Harmooni, M., Basri, I., & Bahasa Dan Sastra Indonesia, P. (N.D.). Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X Sman 4 Padang.

Julika, R. (N.D.). Volume 15 Nomor 2 | Metamorfosis Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Sugestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi. Http://Ejournal.Unibba.Ac.Id/Index.Php/Metamorfosis72

Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions. Journal Of Education Action Research, 2, 165–171. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jear/Index

Mawarni, H. (2022). Analisis Fungsi Dan Makna Lawas (Puisi Tradisional) Masyarakat Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggarra Barat. 2(2).

Murtiningsih, N. (2022a). Diterbitkan 31 Maret 2022 Meningkatkan Kemampuan Membuat Ringkasan Teks Narasi Melalui Metode Quantum Writing Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Sejati Tahun Pelajaran. Jigi: Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 3(2). Http://Journalindonesia.Org/Index.Php/Jigin24

Murtiningsih, N. (2022b). Diterbitkan 31 Maret 2022 Meningkatkan Kemampuan Membuat Ringkasan Teks Narasi Melalui Metode Quantum Writing Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Sejati Tahun Pelajaran. Jigi: Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 3(2). Http://Journalindonesia.Org/Index.Php/Jigin24

Nurul Chasanah, I. (N.D.). Peningkatan Kompetensi Menulis Fiksi Melalui Metode Quantum Writing Bagi Siswa Smp Dan Sma Di Jawa Timur.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sudjana. 2016. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung:Tarsito

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarbiyah Dan Keguruan Uin, F., & Kalsum Nasution, M. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. Corresspondence: Mardiah Kalsum Nasution, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. E-Mail. 11(1).

Wati, L., Maryova, F., & Pgri Bandar Lampung, S. (N.D.). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Stkip Pgri Bandar Lampung Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada Siswa Kelas X Smk Trisakti Jaya Bandar Lampung. Http://Eskrispi.Stkippgribl.Ac.Id/

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Nainggolan, D. N. ., Sitohang, T. ., Saragih, E. L. ., Simanjuntak, H., & Sitorus, P. J. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA - SISWI KELAS X SMA SWASTA HOSANA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 321–328. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19285

Similar Articles

<< < 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.