HUBUNGAN PENGUASAAN KONJUNGSI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA HKBP SIDORAME
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19292Keywords:
Konjungsi, Kemampuan Menulis, Teks ProsedurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Hubungan Penguasaan Konjungsi dengan Kemampuan Menulis Teks prosedur pada Siwa Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan T/A 2023/2024; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan; (3) mendeskripsikan penguasaan konjungsi pada siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain korelatif yaitu penelitian yang didasarkan pada bentuk angka-angka untuk mengukur kemampuan menulis teks prosedur siswa, dengan mendeskripsikan tingkat hubungan antara penguasaan konjungsi dengan kemampuan menulis teks prosedur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 32 orang yang hanya terdiri dari 1 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling yang dapat diartikan bahwa seluruh populasi dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan memperoleh nilai rata-rata 72,81 dengan standar deviasi 18,14 pada penguasaan konjungsi dan nilai rata-rata 71,25 dengan standar deviasi 18,65 pada kemampuan menulis teks prosedur. Hasil uji persyaratan analisis data penguasaan konjungsi dan kemampuan menulis teks prosedur menyatakan sampel terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan denga r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N=32 yaitu 0,349 dan rxy =0,944 maka hipotesis altrnatif (Ha) diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan konjungsi dengan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VIII di SMP Swasta HKBP Sidorame Tahun Ajaran 2023/2024.References
Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2003). Tata bahasa baku bahasa Indonesia.
Anisah, G. (2019). Disfungsi Konjungsi dalam Makalah Mahasiswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 29-41.
Anugerahwati, M. 2004. Pembelajaran teks prosedur. Bahan Pelatihan ING-B1. Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi (Ke-14). Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. (2017). Penggunaan preposisi dan konjungsi bahasa Indonesia.
Chaer, A. (2009). Sintaksis bahasa Indonesia: pendekatan proses. (No Title).
Derewianka, Beverly. 2004. Exploring How Texts Work. Australia: Primary English Teaching Association.
Febriani, M. (2017). Ketidakefektifan Kalimat Pada Jawaban Tes Esai Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Patikraja.
Gunawan, P. (2017). Penerapan strategi aktivitas menulis terbimbing (SAMT) untuk meningakatan keterampilan menulis teks pengumuman Siswa kelas VII SMP Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(2), 223-233.
Irianti, Y. (2018). Hasil Belajar Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Pembelajaran Concept Sentence Siswa Kelas XI Semester 2 Sma Negeri 1 Gedangan. Laterne, 7(1), 251919.
Iswadi, U., & Haerani, M. (2020). Analisa Dan Pengaruh Metode Hubungan Industrial Terhadap Penyelesaian Perselisihan Di Serikat Pekerja Sektoral Kota Cilegon Tahun 2019. Ekono Insentif, 14(2), 91-100.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal artefak, 7(1).
Knapp, P dan Megan Watkins. 2005. Genre Text, Grammar: Technologies for. Teaching and Assessing Writing. Australia: University of New South.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moeliono, A. M., Lapoliwa, H., Alwi, H., & Sasangka, S. S. T. W. (2017). Tata bahasa baku bahasa Indonesia.
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319) ejournal.unib.ac.id
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. (No Title).
Panggabean, S., & Lestari, F. D. (2018). Implementasi apraisal dalam evaluasi bahasa: sebuah ancangan wacana forensik. None, 2(1), 81-90.
Ramlan, M. (2005). Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis (Cetakan Ke). Yogyakarta: CV. Karyono Offset Yogyakarta.
Resgita, B. (2022). Penggunaan Konjungsi Subordinatif dalam Kumpulan Cerita Rakyat Belitung. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 11(1), 106-118.
Sari, A. P. (2022). Kesalahan Penggunaan Konjungsi Dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Padang.
Sinaga, M., Qomariyah, S., & Rahman, A. (2015). Ketepatan Penggunaan Konjungsi Koordinatif Dalam Media Cetak. Jurnal Bahas, 10(2), 165-175.
Sitohang, T., Sirait, C., & Manullang, R. (2017). Pengaruh Penerapan Teknik Mind Maping Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X SMA Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 Semester Ganjil.
Suandi, Nengah. dkk. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia: Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: Rajawali Pers.
Suci, U. (2013). Konjungsi Koordinatif Pada Kolom Khas Dalam Harian Umum Haluan (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-24). ALFABETA, cv.
Sugiyono, P. D. (2016). Statistika Untuk Penelitian (ke-27). ALFABETA, cv.
Sumadi. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: UM Press.
Ulfa, W., & Rasyid, Y. (2020). Struktur, Diksi, Dan Konjungsi Teks Prosedur Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 469-478.
Zain, B., & Mohammad, S. (2001). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka sinar harapan.
Zulkarnaini. (2011). Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dan Berpikir Kritis. Jurnal. Upi. Edu, 11(2), 144–153. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/view/676.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yeni Erlika Simorangkir , Tigor Sitohang, Sarma Panggabean
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.