PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 POLLUNG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19288Keywords:
Model Sole (Self Organized Learning Environment), Kemampuan Menulis Teks Berita.Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Di SMPN 4 Pollung Kabupaten Humbang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, menggunakan desain penelitian One Group Pretest dan Posttest. Populasi penelitian 109 dan sampel 27 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Hasil penelitian pretest menunjukkan bahwa jumlah siswa yang lulus KKM dalam menulis teks berita berjumlah 3 orang (11%), dan setelah menggunakan model pembelajaran SOLE terdapat peningkatan jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 18 (67%) orang. Didapat Lhitung = 5,58 dan Ltabel =1,70 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa pada pelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SMP kelas VIII.References
Aidawati SMK Negeri, N. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Siswa Kelas Xii Multimedia Di Smk Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2017/2018 Improving News Text Writing Skills Using Project Based Le. In Suntingan II.
Aaliyah, M. P., & R, S. (2023). Pengaruh Model SOLE (Self Organized Learning Environment) dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Basicedu, 7(1), 401–310. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V7I1.4650
Bangun, E. PA. Koagouw, F. V. I., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis Isi Unsur Kelengkapan Berita Pada Media Online Manadopostonline.com. Acta Diurna Komunikasi, 1(3), 4–13. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/255 60
Baroya, E. P. I. H., Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., Jakarta, H., Azizah, M. N., Noor, T., Rosnani, R., Rahayu, R., Iskandar, S., Abidin, Y., Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., Adi, N. H., S.Nurhayati, M. Evi Hotfrida, G. Ira Echelinta, Z. A., … Fariha, A. (2022). The Effect of Sole Model Teaching Technique on The Ninth Grade Students’ Ability in Writing Report Text Nurhayati. Jurnal Basicedu, 6(2), 179–187.
Ecip, S. S., Sastro, Y., Sudarjat, E., & Salam, I. A. (2020). Teknik Mencari dan Menulis Berita (3rd ed.). CV. Allied Jaya.
Firdaus, W., & Tamsin, A. C. (2019). Karakteristik Struktur Dan Kebahasaan Teks Berita Karya Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(4), 35. https://doi.org/10.24036/10 6909-019883
Hatmo, K. T. (2019). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia (S. Wibawa (ed.)).Lakeisha.
Hunanda Kuswandari, A. (2018). Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis Sebagai Konstruksi Peningkatan Keterampilan Menulis Esai. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2410
Marlina, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 70. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5319
Mutiasari, M. (2021). Penerapan Model Self Organized Learning Environment Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 9(2), 95–103.
Panggabean, Sarma, and Pontas Jamaluddin Sitorus. 2020. “Studi Karakter Bernalar Induktif Pada Kemampuan Menulis Kritis Dan Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen.” Kode: Jurnal Bahasa 9(3): 155–62.
Putri, W., & Ratna, E. (2020). Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Berita Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 461. https://doi.org/10.24036/108235-019883
Rahayu, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Jurnal Paradigma, 12, 88–106. https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/paradigma/article/view/117/95
Rahmawati, F. (2022). Pengaruh Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Pada Kelas VIII.
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal?: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Ruslan Udin, L. (2023). RECOUNT BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH. 1(1).
Sembilanbelas, U., & Kolaka, N. (2023). Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka dalam Menyimpulkan Isi Berita yang Dibaca. 2(4), 1461–1474.
Setyorini, H., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environments) Terhadap Prestasi Belajar Berbasis HOTs (High Order Thinking Skills). Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 45. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11357
Sholichah, A. F. (2019). Pembelajaran Self-Organised Learning Environment (Sole) Dalam Penyelesaian Tugas Di Smp Negeri 9 Semarang. In Lib Unnes. https://lib.unnes.ac.id/33343/
Sinambela, P. N. J. M., Bulan, A., Febrina, A., Susilowati, N., Fatchurrahman, M., Novianti, W., Sembiring, E. T. B., Subroto, D. E., & Mardhiana, D. (2022). Model-Model Pembelajaran (M. R. Kurnia & F. N. Kartikasari (eds.)). Sada Kurnia Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=4ByeEAAAQBAJ
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. ALFABETA, cv.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, R&D (29th ed.).
ALFABETA.
Suhandang, K. (2018). PENGANTAR JURNALISTIK Seputar Organisasi, Produk dan Kode Etik (M. A. Elwa (ed.); Revisi). NUANSA CENDEKIA.
Suparman, J., Liana, O., & Isnaini, H. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dalam Pembelajaran Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII Mts. Al Mufti. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Indonesia, 2(November), 967–978.
Wati, N. K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/1387
Wiyogo, A. (2020). Dampak Kurikulum 2013 Terhadap guru dan Siswa SD. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMA JA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.
Yunus, M., Puji, S., Prakoso, T., & Cahyani, I. (2020). Keterampilan Menulis (H. Thator (ed.); 1st ed.). JAYA ABADI UTAMA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tigor Sitohang , Elza Leyli Lisnora Saragih, Lastioma Tiarma Lumban Gaol

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.