PEMBERDAYAAN ORANGTUA DALAM MENGENALKAN FINANCIAL LITERACY PADA ANAK PRA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19277Keywords:
Kecakapan Financial Literacy; Orangtua Siswa; Anak Pra SekolahAbstract
Financial literacy merupakan salah satu bentuk kecakapan hidup yang menacakup cara menggunakan sumber daya keuangan dengan bijak. Financial litarcy perlu diberikan sejak usia pra sekolah agar anak dapat mencapai kesejahteraan hidup di usia dewasa. Kecakapan tentantang financial literacy pada anak usia dini perlu melibatkan orangtua sebagai orang yang paling terlibat dengan anak serta memiliki pengaruh langsung terhadap kondisi finansial pada anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan metode participatory action research yang melibatkan secara aktif orangtua siswa di RA Sunan Ampel 02.Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui tahapan identifikasi masalah, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Hasil eevaluasi menunjukkan setelah mengikuti kegiatan pengabdian orangtua mememahami manfaat, ruang, lingkup, serta bagaimana cara membelajarkan financial literacy pada anak anak usia pra sekolah.References
Irbah, A. N., Munastiwi, E., Riyadi, A. S. M., & Binsa, U. H. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membangun Financial Education Pada Anak Usia Dini. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i2.4313
OJK. (2022). Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654
Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28
Santi, F., Anggraeni, A. Y., Nauvalita, R. A. W., & Maharani, D. S. (2022). Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Bagi Wali Murid di TK Harmoni Kota Blitar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4399
Santoso, S. T. P., & Jaya, T. J. (2023a). Peran Orangtua untuk Menstimulasi Literasi Permulaan pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.29407/ja.v7i1.18707
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tiara Juliana Jaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.