EFEKTIVITAS PEMANFAATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN DI SMA: SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS

Authors

  • Jacobus Wiwin Kuswinardi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Azhariah Rachman Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Zulfikrie Taswin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Dedek Helida Pitra Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Unan Yusmaniar Oktiawati Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19127

Keywords:

Augmented Reality (AR), SMA, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini membahas efektivitas pemanfaatan aplikasi Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Augmented Reality adalah teknologi yang memadukan dunia fisik dengan elemen-elemen digital, menciptakan pengalaman pembelajaran yang diperkaya. Dalam penelitian ini, kami mengidentifikasi dan menganalisis temuan-temuan kunci yang berkaitan dengan penggunaan AR dalam konteks pendidikan SMA, dengan fokus pada peningkatan keterlibatan siswa. Temuan utama meliputi peningkatan keterlibatan siswa yang signifikan melalui pemanfaatan AR, yang menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Selain itu, AR juga terbukti meningkatkan pemahaman materi pelajaran dan memungkinkan kustomisasi pembelajaran yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Kolaborasi siswa dalam lingkungan virtual yang didukung AR juga ditemukan dapat mempromosikan keterampilan sosial dan kolaboratif. Namun, kendala teknis dan infrastruktur, serta kebutuhan akan pelatihan guru yang memadai, menjadi tantangan yang harus diatasi dalam mengimplementasikan AR dalam pendidikan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya investasi dalam infrastruktur teknologi pendukung dan pelatihan guru yang tepat untuk memaksimalkan manfaat AR dalam pembelajaran SMA. Kesimpulannya, pemanfaatan AR dalam pembelajaran di SMA memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan perhatian terhadap kendala teknis dan investasi yang tepat, teknologi AR dapat menjadi alat yang berharga dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik, relevan, dan efektif bagi siswa di SMA.Top of Form

References

Aisyah, A., Gustiani, W. T., Alyamuari, A., Izdihar, D., Dewi, L. C., & Liliawati, W. (2022). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (Vol. 1, No. 1, pp. 239-247).

Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47.

Dewi, K., & Sahrina, A. (2021). Urgensi Augmented Reality Sebagai Media Inovasi Pembelajaran Dalam Melestarikan Kebudayaan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 1077-1089.

Eko, S. N. A. (2022). Pengembangan Media Ar Geometry Math Edu Materi Dimensi Tiga Kelas XII SMA (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

Fauziningrum, E., Sari, M. N., Rahmani, S. F., Riztya, R., Syafruni, S., & Purba, P. M. (2023). Strategies Used By English Teachers In Teaching Vocabulary. Journal On Education, 6(1), 674-679.

Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 75-82.

Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL E-Dumath, 9(1), 55-62.

Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective In English Online Learning?: The Students' And Teachers' Perceptions. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173-183.

Pratama, A. J., Irfan, D., & Effendi, H. (2023). Studi Literature Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Sekolah Kejuruan. Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), 47-55.

Rusmiyanto, R., Huriati, N., Fitriani, N., Tyas, N. K., Rofi’i, A., & Sari, M. N. (2023). The Role Of Artificial Intelligence (AI) In Developing English Language Learner's Communication Skills. Journal On Education, 6(1), 750-757.

Sari, M. N. (2021). Shaping Young Learners’character Through Teacher Questioning In English Classroom Activities. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 14-19.

Sari, M. N. (2022). Teachers’ Perceptions On Students’ Learning Styles On Learning English At Sma Negeri 10 Kerinci. Jurnal Pendidikan, Keguruan, Dan Pengajaran, 1(1), 32-43.

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2022). An Analysis Of Students’motivation And Anxiety On Learning English At SMA Negeri 6 Kerinci. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(3), 181-188.

Sari, M. N., Ningsih, P. E. A., & Novita, A. (2023). An Analysis Of English Classroom Interaction Pattern At Eleventh Grade Of SMKN 4 Kerinci Based On El Hanafi Theory. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 105-115.

Setyawan, B., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Kwangsan, 7(1), 286912.

Socrates, T. P., & Mufit, F. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Studi Literatur. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 96-101.

Sutanto, S. S., Koto, I., & Winarni, E. W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Discovery Learning Dengan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1(2), 175-187.

Downloads

Published

2023-09-19

How to Cite

Kuswinardi, J. W. ., Rachman , A. ., Taswin, M. Z. ., Pitra, D. H. ., & Oktiawati , U. Y. (2023). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN DI SMA: SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 556–563. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19127