ANALISIS GAYA BAHASA HIPERBOLA PERSPEKTIF FUNGSI DALAM NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN PENERAPANNYA PADA PEMBELAJARAN KARYA SASTRA DI SMA

Authors

  • Ananda Putriani Universitas Esa Unggul
  • Dewi Sari Sumitro Universitas Esa Unggul
  • Tri Mike Aprila Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17941

Keywords:

Hiperbola, Buku Fiksi Bumi Manusia, Karya Sastra

Abstract

Bahasa hiperbola adalah bahasa yang melebihkan sesuatu. Salah satu bahasa hiperbola ada di dalam karya sastra yaitu buku fiksi berjenis novel. Novel yang digunakan karangan Pramoedya Ananta Toer, berjudul bumi manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan jenis penelitiannya kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer yang berjumlah 535 halaman. Diterbitkan oleh Lentera Dipantara cetakan ke-28 yang dicetak oleh Percetakan Grafika Mardi Yuana, Bogor, Juli 2018. Desain sampul berwarna coklat susu dipadukan dengan warna hijau dan terdapat ilustrasi kuda bendi beserta penumpang yang duduk di atas kursinya. Hasil dalam penelitian ini ditemukan 94 data gaya bahasa hiperbola ditinjau dari segi fungsi dalam novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan fungsi gaya bahasa menegaskan adalah untuk memberikan penegasan dan penguatan yang dianggap penting  terdapat dalam gaya bahasa. Sebuah gaya bahasa dikatakan menegaskan jika mampu menegaskan maksud dari gaya bahasa tersebut.

References

Fitriyanti, dkk. (2019). Bentuk dan Makna Gaya Bahasa Hiperbola. Skrispsi. Universitas Muhammadiyah.

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. PT Ikrar Mandiri Abadi.

Manaf, Ngusman Abdul. (2008). Semantik Teori dan Terapannya dalam Bahasa Indonesia. Sukabina Offset.

Manaf, Ngusman Abdul. (2010). Semantik Bahasa Indonesia. UNP PRESS Padang.

Moleong, Lexy J. (2013(. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sitompul, Hamzah Nuzulul Fazri. (2014). “AnalisisPPenggunaan Majas Hiperbola pada Iklan Komersial di Televisi”. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Susilowati, Emy. (2016). ”Gaya Bahasa dalam Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia”. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra). Volume I Nomor 2. Tahun 2016. Diunduh pada tanggal 15 Juli 2020.

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Putriani, A. ., Sumitro, D. S. ., & Aprila, T. M. (2023). ANALISIS GAYA BAHASA HIPERBOLA PERSPEKTIF FUNGSI DALAM NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN PENERAPANNYA PADA PEMBELAJARAN KARYA SASTRA DI SMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 239–243. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17941