PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 GUNUNG MALELO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran IPA, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Poblem Based Learning (PBL) dan siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan konvesional pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 005 Gunung Malelo Kec. Koto Kampar Hulu tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan metode post-test only design with nonequivalent group, dan populasi siswa kelas V SDN 005 Gunung Malelo Kec. Koto Kampar Hulu dan sampelnya yaitu kelas VA adalah kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas VB adalah kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvesional).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Data di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata.Untuk data hasil tes diperoleh hasil thitung = 2,04 > ttabel = 1,68. Dalam hal ini H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen lebih dari rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh yang diberikan bersifat positif.References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
_______, S. (2011). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
_______, S. (2007). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Asyari, Muslichah. (2006). Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di SD. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Darsana, I Kadek Adi. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Gugus 1 Sidemen Karangasem. Skripsi dipublikasikan.
Dwita, Purnama. (2013). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Kewaganegaraan Sekolah Dasar. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar. Skripsi dipublikasikan.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
KTSP. (2016). Standar Isi KTSP. Menteri Pendidikan RI. Jakarta.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Margono. (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqih Dengan Problem Based Learning: Vol XIV, (1), hml 190-220.
Saragih, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran (Problem Based Learning dan Konvesional) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama: Vol 6 (2), hlm. 329-336.
Sari, Purnama. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2Metro Selatan. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Skripsi dipublikasikan.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya:
. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Bandung: Alfabeda.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
(2016). Cara Pengambilan Populasi dan Sampel. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran (Teori & aplikasi). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Surya, Y. F. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Kelas III SDN 02 Percontohan Bukittinggi. Universitas Negeri Padang: Tesis tidak dipublikasikan.
Taufik, T. dan Muhammadi. (2011). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.
______. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulfah. (2018). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 2 N0. 5 Hal. 1150.