ANALISIS PELANGGARAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SD PAHLAWAN

Authors

  • Rajeni Sendayu Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Masrul Masrul Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FIP, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yanti Yandri Kusuma Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlwan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1219

Keywords:

Pelanggaran, Kedisiplinan Belajar, Siswa, Sekolah Dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelanggaran-pelanggaran kedisiplinan belajar pada siswa sekolah dasar Pahlawan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu siswa-siswa sekolah dasar kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa kelas IV sekolah dasar Pahlawan masih kurang. Hal ini terlihat dari banyaknya pelanggaan yang terjadi. Banyaknya pelanggaran yang dilakukan siswa terjadi karena beberapa faktor seperti faktor internal yang berasal dari diri siswa dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan luar. Guru harus melakukan upaya-upaya untuk menanamkan kedisiplinan belajar kepada siswa seperti melakukan pendekatan secara langsung kepada siswa dengan cara bertanya, melakukan tindakan korektif terhadap peraturan dan konsekuensi apabila melanggar aturan yang dibuat, dan melakukan tindakan penyuluhan serta memberikan solusi terhadap kesulitan yang dirasakan siswa.

Author Biographies

Rajeni Sendayu, Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Masrul Masrul, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FIP, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FIP, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Yanti Yandri Kusuma, Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlwan Tuanku Tambusai

3Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlwan Tuanku Tambusai

References

Akmaluddin, & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar ( SD ) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar ( Studi Kasus ). Journal of Education Science, 5(2), 1–12.

Aswat, H., & Nurmaya, A., L. (2020). ANALISIS GERAKAN LITERASI POJOK BACA KELAS TERHADAP EKSISTENSI DAYA BACA ANAK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78.

Ekawati, M., & Yarni, N. (2019). Teori belajar berdasarkan aliran psikologi humanistik dan implikasi pada proses belajar pembelajaran. Jurnal JRPP, 2(2), 266–269.

Hanafi, I. (2019). ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 006 BANGKINANG. Jurnal JRPP, 2(2), 303–309.

Hasibuan, S., R. (2020). PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 027 DANAU LANCANG KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Jurnal JRPP, 3(1), 141–144.

Lifa, M., Sulistyarini, & Dewantara, J., A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Techniqiue (VCT) Untuk Meningkatkan Nilai Moral Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 4(4), 955–968.

Pasani, C. F., & Basil, M. (2014). MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DI KELAS VIII SMPN. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 219–229.

Rachmanita, L. D., Hidayat, O. S., & Sudrajat, A. (2019). PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(4), 994–1004.

Refariza, E., Farida, F., & Fitria, Y. (2020). Penerapan Strategi Preview, Question, Read Reflect, Recide, Review (P4QR) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 907–918.

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 55 / I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 127–144.

Saragih, A. (2019). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal JRPP, 2(2), 213–220.

Sugiarto, A., P., Suyati, T., & Yulianti, P., D. (2019). FAKTOR KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK LARENDA BREBES. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238.

Susiloningsih, W. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH PERENCANAAN DENGAN PENDEKATAN SAITIFIK. Jurnal Basicedu, 4(1), 1–6.

Tantu, Y., R., P., & Christi, L., Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Microteaching Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah PSAP Sains Dan Teknologi. Jurnal Basicedu, 4(3), 707–715.

Utama, K., H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889–898.

Witarsa, R., Fadhilaturrahmi, & Rizal, M. S. (2020). Pengaruh Asupan Nutrisi Shake Kacang Kedelai terhadap Skala Lemak Perut Guru-guru Sekolah Dasar di Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Downloads

Published

2020-12-04

How to Cite

Sendayu, R., Masrul, M., & Kusuma, Y. Y. (2020). ANALISIS PELANGGARAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SD PAHLAWAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 217–224. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1219