ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI SD PAHLAWAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1270Keywords:
Guru Kelas, Pengelolaan Kelas, Mata PelajaranTematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian dalam pengelolaan kelas di kelas dua SD Pahlawan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas Dua, siswa kelas Dua, dan kepala sekolah. Objek penelitian ini berupa bentuk untuk kesiapan guru kelas dalam mengimplementasikan Pengelolaan Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas satu sudah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Pelaksanaan pembelajaran guru kelas satu sudah menggunakan pendekatan saintifik walau tidak urut 5M serta sudah mengacu rambu-rambu dan prinsip pembelajaran tematik. Guru kelas satu menggunakan penilaian autentik yang menilai aspek sikap dengan observasi, aspek pengetahuan dengan tes tertulis serta penugasan, dan aspek keterampilan dengan unjuk kerjaReferences
Ametembun. Manajemen kelas: penuntun bagi guru dan calon guru jilid I dan II. Bandung: SURI, 1981 Al Qur’an surat An Nur ayat 30.
Amin Dain Indra Kusuma. Pengantar ilmu pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1973.
Arifin. Hubungan timbal balik pendidikan agama di lingkungan sekolah dan keluarga. Jakarta: Bulan Bintang, 1972.
Arikunto Suharsimi. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996
Azhar Imam, Pengelolaan kelas dari teori ke praktek, Yogyakarta: Insyira, 2013
Azwar Saifudin, Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011.
Bahri Syaiful Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Bruce Cohen J, Sosiologi: Suatu Pengantar, Rineka Cipta, Jakarta, 1992
Daradjat Zakiyah,et.al. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Damsar. Sosiologi pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011
Dadang Suhardan,. Supervisi Profesional. Bandung: Alfa Beta, 2010
Depdikbud. Panduan manajemen sekolah. Jakarta, 1999 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1999.
Danim Sudarwan, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002.
Fujiawati, F. S. (2015). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Vol 1, (1), (19).
Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Kadir, A, dan Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Malawi, I, dan Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur : CV AE Media Grafika.
Siregar, P. R, dan Hatika, R. G. (2019). Ayo Latihan Mengajar, Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (Peerteaching dan Microteaching). Yogyakarta : Deepublish.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Sukardjo. M, dan Komarudin, U. (2015). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sumarno. (2016). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangunkan Karakter Peserta Didik. Al Luhab. Vol 1, (7), (125).
Sya’bani, M. A. Y. (2018). Profesi Keguruan Menjadi Guru yang Religius dan Bermatabat. Gresik : Caremedia Communication.
Wildan. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan di Sekolah atau Madrasah. Jurnal Tatsqif. Vol 15, (2)