The Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Fendrik Universitas Riau
  • Dini Fransiska Putri Universitas Riau
  • Putri Hana Pebriana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Geri Syahril Sidik Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Dini Ramadhani Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4094

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik (VAK) serta kecenderungan gaya belajar siswa sekolah dasar kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dekskriptif kuantitatif yang mendalam dan terfokus dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar yang terdapat pada siswa kelas V sekolah dasar adalah kombinasi gaya belajar dari VAK dengan komposisi dan tren gaya belajar siswa yang berbeda. Mayoritas siswa memiliki kecenderungan pada gaya belajar Kinestetik dengan 62,5%, kemudian 25% mempunyai kecenderungan gaya belajar auditorial dan selanjutnya 12,5% siswa mempunyai kecenderungan pada gaya belajar visual.

Downloads

Published

2022-06-05

How to Cite

Fendrik, M. ., Putri, D. F., Pebriana, P. H., Sidik, G. S., & Ramadhani, D. (2022). The Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 793–809. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4094

Most read articles by the same author(s)