PENERAPAN MODEL BENGKEL SASTRA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF DI KELAS V SDN 002 PASIR SIALANG

Fitria Lestari, Putri Hana Pebriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskriptif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 002 Pasir Sialang melalui penerapan model pembelajaran bengkel sastra. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil keterampilan menulis karangan deskriptif yang tidak mencapai nilai KKM yang di tetapkan sekolah yaitu 75.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran bengkel sastra dan keterampilan menulis karangan deskriptif. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan tiap siklus yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan keterampilan menulis karangan deskriptif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum tindakan ketuntasan hasil keterampilan menulis karangan deskriptif siswa hanya mencapai 29,17%, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 33,33 %, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 37,50% dan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 66,67% kemudian siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Bengkel Sastra dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif di Kelas V SDN 002 Pasir Sialang.

Keywords


Model Bengkel Sastra, Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Asul Wiyanto. (2004). Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Atar M, Semi. (2007). Menulis Efektif. Padang: Angkasa.

Bambang, Hartono. (2000). Kajian Wacana. Semarang: FBS Unnes.

Danial, R.Deni.M. (2008). Menjadi Penulis Mulai dari Sekarang. Semarang: PT. Shindur Press.

Fahriaty, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Strategi Sugestopedia. International Seminar on Quality and Affordable Educatio. Vol. 2 (2), hlm. 2.

Fuad Ihsan. (2010). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarata: Rineka Cipta.

Mudyahardjo, Reja. (2001). Pengantar Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Muryani, Arlis. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Teknik Kata Kunci dan Media Objek Langsung Pada Siswa Kelas V SDN 7 Wirosari Kabupaten Grobogan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Muslich, M. (2012). Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta. Bumi Aksara

Nur’aini, Umri dan Indriyani. (2008). Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Nursisto. (1999). Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adi Cipta.

Nayu, Marni. (2015). Peningkatan Kemampuan Dalam Menulis Puisi Melalui Metode Bengkel Sastra Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Palu. Tadulako: Universitas Tadulako.

Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian Dalam Pengajaran Sastra dan Bahasa. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Bnfe Fakultas Ekonomi UGM.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Pebriana, P,H. (2016). Penerapan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Surur Bandung. Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau. Volume 3. No. 1

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesiaa Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Jakarta: Diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya.

Riduan & Sunarto. (2012). Pengantar Statistika untu penelitian pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi, dan bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rini Kristiantari. (2004). Menulis Deskripsi dan Narasi. Jakarta: Media Ilmu.

Rohayati dan Kurniawati. (2013). Optimalisasi Penerapan Model Bengkel Sastra untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menulis dan Memusikalisasi Puisi. Laporan Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rohayati, Etty. (2017). Perekayasaan Model Pembelajaran Bengkel Sastra Untuk Meningkatkan Kemampuan Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Sastra. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sofyan, Ahmadi. (2006). Jangan Takut Menulis. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Suparno dan Mohamad Yunus. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas terbuka.

Suparno & Moh. Yunus. (2010). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fitria Lestari, Putri Hana Pebriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter