PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Aufa Qurratu Aini Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Putri Hana Pebriana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Iska Noviaardila Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.532

Keywords:

Model Problem Based Instruction (PBI), Berpikir Kritis, IPA.

Abstract

keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Problem Based Instruction (PBI) pada pembelajaran IPA siswa kelas III SD Negeri 015 Kuok. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 13 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 6 orang dan siswa perempuan berjumlah 7 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA masuk dalam kategori Mulai Berkembang (MB) pada setiap indikator. Pada siklus I pertemuan I siswa yang tuntas ada 5 orang siswa dengan persentase 38.46%. Selanjutnya pada siklus I pertemuan II siswa yang tuntas ada 7 orang siswa dengan persentase 53.84%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I siswa yang tuntas ada 8 orang siswa dengan persentase 61.53%. Terakhir pada siklus II pertemuan II siswa yang tuntas ada 10 orang siswa dengan persentase 76.92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi makhluk hidup kelas III SD Negeri 015 Kuok.

References

Afrizon, dkk. (2012). Peningkatan Prilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTSN Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA-FISIKA Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1 ISSN: 2252-3014.

Arikunto, dkk.(2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ardiyanti, F. dan Winarti. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis fenomena untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Kaunia. Vol IX. No. 2. Hal 27-33.

BNSP. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BNSP.

Lestari, dkk. (2016). Prosiding Seminar Nasional II Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajaran. Samarinda: FKIP Universitas Mulawarman.

Nugraha, W.S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar .Vol. 10, (2), 115-127.

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.

Pebriana, P.H. (2017). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik dengan Model Kooperatif Tipe TGT di Kelas III SD Negeri 18 Langgini Bangkinang. Jurnal Basicedu. Vol 1. No. 1. Hal 3.

Pebriana, P.H, dkk. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 1. No. 1. Hal 3.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswanto & Suyanto. (2017). Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif & Kuantitatif pada Penelitian Tindakan (PTK & PTS). Klaten: Bossscript.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Aini, A. Q., Pebriana, P. H., & Noviaardila, I. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 21–26. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.532

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)