PENERAPAN MODEL PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS KARYA KOLASE SISWA PADA MATA PELAJARAN SBDP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1029Keywords:
Kreativitas, Model PAIKEM GEMBROT, Kolase.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil kreativitas karya kolase siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV-E SD Islam Nabilah Batam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model PAIKEM GEMBROT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model PAIKEM GEMBROT untuk meningkatkan kreativitas karya kolase siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV-E SD Islam Nabilah Batam. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas IV-E yang berjumlah 22 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 10 orang, dan siswa perempuan berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan penilaian kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kreativitas karya kolase siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV-E SD Islam Nabilah Batam pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 80,27. Selanjutnya dari 22 orang siswa hanya 14 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 63,64%. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 80,68 dari 22 orang siswa terdapat 19 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model PAIKEM GEMBROT dapat meningkatkan kreativitas karya kolase siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV-E SD Islam Nabilah Batam.References
Ahmadi, Iif Khoiru dan Amri, Sofan. (2011).PAIKEM GEMBROT. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.
Ansor, Ahmad Saiful. (2015). Penerapan Model PAIKEM GEMBROT Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII C SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Tahun 2015. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Anwar, dkk. (2018). Kolase Barang Bekas Untuk Kreativitas Anak (Taman Kanak- kanak Nurul Taqwa Makassar). Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April
hal 53-62. Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Pendidikan Makassar.
Apriliana, Dwi. (2014). Penerapan Strategi PAIKEM Dalam Meningkatkan Kreativitas Karya Ilustrasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII SMPN 1 Turi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Arti Kata Prakarya - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) [Online]. [Tersedia dalam: https://kbbi.web.id/prakarya].
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Budiana. (2012). Pengaruh Penerapan PAIKEM GEMBROT, Multimedia, Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Kendal. IAIN Walisongo.
Burhaein, Erick. (2017) Aktivitas Fisik Olahraga Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Vol 1 No 1 (2017) 51-58.
Chalidah, Rara Dina. (2018). Peningkatan Kreativitas Seni Kriya Melalui Media Daur Ulang Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Kelas 5 MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Destiani, dkk. (2016). Upaya Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Melalui Teknik Pencetakan Dengan Bantuan Media Asli. Jurnal Ilmiah Potensia Vol. 1 (1), 7-14.
Devi, Fratnya Puspita. (2014). Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B2 Di TK Aba Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Herdian. (2010). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa [Online]. [Tersedia dalam: https://herdy07.wordpress.com/2010/05/2 7/kemampuan-berfikir-kreatif-siswa/].Blog Edukasi.
Ichsan, Yuli Nur Khasanah. (2019). Meningkatkan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Volume. 4 No. 1.
Indriani, Fitri. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada Pengajaran Micro Di PGSD UAD Yogyakarta. PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Juliantine, Tite. (2009). Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pendidikan Jasmani. FPOK UPI.
Karmila, E. dan Husna, A. (2017). Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Membuat Karya Kerajinan Tangan Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 25 Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti. Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP UNRIKA Batam.
Kau, M.A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI. Malang, Jawa Timur, Indonesia: Universitas Negeri Gorontalo
Lestari, Fitria. (2017). Penerapan Model Bengkel Sastra Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Di Kelas V SDN 002 Pasir Sialang. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Makrifa, Samsiatul. (2014). Pemanfaatan Daun Kering Sebagai Media Berkarya Kolase Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Rupa Di SD Sekaran 01 Gunung Pati Semarang. Eduarts: Journal of Visual Arts 3 (1) (2014).
Masnona. (2017). Kreativitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Di SD N 49 Karang Anyar Gedong Tataan. UIN Raden Intan Lampung.
Munandar, Utami. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Musbikin, Imam. (2006). Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein. Yogyakarta: PT. Mitra Pustaka.
Mulyati, S dan Sukmawijaya, AA. (2013). Meningkatkan Kreativitas Pada Anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan Volume 2 No. 2, Mei 2013, Halaman 124– 129. Universitas Islam Indonesia.
Nugraheni, RW dan Sudianto, M. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Kolase Pada Siswa Kelas V SDN Pamotan 1 Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
Pebriana, Putri Hana. (2018) Penerapan Metode Hypnoteaching Untuk Menigkatkan Kemampuan Menulis Puisi Anak Pada Siswa Kelas III SDN 030 Bagan Jaya. Jurnal Basicedu Vol (2) 1, 148-153.
Perkembangan Kognitif [Online]. [Tersedia dalam: http://www.masbow.com/2009/10/perkemb angankognitif.html].
Prastowo, Andi. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD/MI Melalui Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Volume 1, Nomor 1. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Puspitasari, dkk. (2018). Peningkatan Kreativitas Seni Kolase Melalui Keping Geometri Pada Kelompok B TK Aisyiyah Busthanul Athfal 34 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017.
Rahmawati, Wuri. (2017). Efektivitas Pembelajaran FIKOME (Finger Painting, Kolase, Dan Menganyam) Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Restanti, Dewi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Seni Kriya Menggunakan Bahan Bekas Pada Mata Pelajaran SBDP Kelas IV SDN Doropayung 01 Kabupaten Pati. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bekas. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA).
Sa’adah, Daimatus. (2014). Peningkatan Kemampuan Mewarnai Melalui Pembelajaran Kolase Pada Siswa Kelas II SD Negeri Jelokpurworejo. Universitas Negeri Yogyakarta.
Surliani, dkk. (2018). Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Melalui Kerajinan Mozaik Di Kelas IV SD Negeri Garot Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 3 Nomor 4, 76 – 97.
Utami, dkk. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT Tehadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS. Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya.
Wulan, dkk. (2017). Implementasi Sistem Aplikasi Dan Metode Pembelajaran PAIKEM GEMBROT BERJAS (Berbasis
Jaringan Sosial). Jurnal String Vol. 2 No. 1 Agustus 2017. Program Studi Informatika Universitas Indraprasta PGRI.
Uno, Hamzah B dan Mohammad, N. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT.